Barang Sehari-hari Ini Ternyata Laris di Pasar Gelap


Kalau mendengar kata "pasar gelap" pikiran kita langsung tertuju pada barang-barang ilegal yang menakutkan atau mengerikan, misalnya organ tubuh manusia. Tapi sebenarnya, pasar gelap memiliki pasaran yang lebih luas hingga ke barang-barang yang dapat kita beli sehari-hari. Ini disebabkan karena adanya perbedaan distribusi barang antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Misalnya saja, barang yang mudah kita dapatkan di Indonesia ternyata dilarang di negara lain, maka cara mendapatkan barang itu adalah melalui pasar gelap.

Nah, inilah 7 barang sehari-hari yang ternyata laris di pasar gelap.

Deterjen
Ini mungkin terdengar aneh, tapi deterjen sangat laris di pasar gelap karena harganya lebih murah daripada di toko. Bahkan, deterjen sempat menjadi alat pembayaran untuk obat terlarang. Pedagang gelap akan mencuri deterjen dari toko dan menjualnya di pasar gelap. Meskipun dijual dengan harga murah, tetapi penjual tetap mendapatkan keuntungan karena barang tersebut adalah hasil curian.

Gula
Siapa yang tak punya gula di rumah? Coba deh kamu periksa ke dapur, pasti ada gula, dalam plastik, atau dalam toples. Tapi di beberapa negara lain, misalnya Malaysia, gula dikenakan pajak yang tinggi, sehingga harganya menjadi mahal. Nah, di pasar gelap, harga gula lebih murah, dan kamu pasti tahu kenapa kan? Ya lagi-lagi gula di pasar gelap itu adalah hasil curian.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan nonton video tentang 7 barang sehari-hari yang ternyata laris di pasar gelap di bawah ini.

Share: