Sadis! 10 Tumbuhan Ini Memangsa Binatang


Mungkin selama ini kita berpikir bahwa sebutan karnivora itu hanya untuk hewan pemakan daging saja, sedangkan pada umumnya tumbuhan tidak dapat dikategorikan sebagai karnivora, herbivora, maupun omnivora. Pasalnya, makanan tumbuhan adalah sinar matahari, air, dan mineral. Tapi ternyata, ada juga tumbuhan yang memangsa makhluk hidup lainnya. Karenanya tanaman jenis ini disebut sebagai tumbuhan karnivora.

Jika tidak percaya kamu boleh simak 10 tumbuhan karnivora terganas yang memangsa hewan lainnya sebagai makanan.

Darlingtonia

Darlingtonia atau Lily cobra adalah tanaman karnivora yang merupakan anggota tunggal dari genus darlingtonia, tanaman ini adalah tanaman asli Northern California dan Oregon. Daun dari Lily Cobra bulat dan membentuk rongga kosong dengan bukaan yang terletak di bawah balon, Begitu mangsa berada di dalam tubuh tumbuhan ini maka ada ribuan bulu-bulu halus yang tumbuh lebat sehingga mangsa tersebut tidak bisa berbalik atau bergerak keluar untuk melarikan diri.

Sarracenia

Sarracenia atau Pitcher Plant adalah Tanaman karnivora yang banyak hidup di pesisir timur Texas dan Kanada dengan sebagian besar spesies yang hanya ditemukan di negara bagian tenggara. Tanaman ini menangkap mangsa menggunakan warna, bau dan sekresi nektar yang dimilikinya. Bentuk mulut pada tumbuhan ini mirip seperti bibir teko. Permukaan licin pada daerah tersebut menyebabkan serangga jatuh ke dalam dan serangga tersebut akan mati dan dicerna oleh enzin protease dan enzim lainnya yang dimiliki Sarracenia.

Nepenthes

Nepenthes atau Tumbuhan cangkir monyet dapat ditemukan di Cina, Malaysia, Indonesia, Filipina, Madagaskar, Australia,dan India. tanaman ini memiliki perangkap yang berisi cairan yang dihasilkan oleh tanaman tersebut, cairan itu encer dan manis digunakan untuk menenggelamkan dan mencerna serangga. Kebanyakan tanaman ini kecil dan cenderung menjadi perangkap serangga saja, tetapi beberapa spesies yang lebih besar, seperti Nepenthes Rafflesiana dan Nepenthes Rajah mampu menangkap mamalia kecil seperti tikus.


Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak video tentang tumbuhan pemakan binatang di bawah ini:

Share: