Ngeri! 10 Dewa Aztec Ini Disembah Dengan Pengorbanan Manusia


Bangsa Aztec terkenal dengan peninggalan teknologi yang sangat maju untuk zamannya. Kerajaan besar dengan bangunan yang megah, sistem ekonomi dan sanitasi baik, peradaban Aztec mengundang decak kagum dari kita yang hidup sekarang.

Tapi bagi kerajaan kecil dan suku-suku di sekitarnya, Kerajaan Aztec merupakan momok menakutkan. Kepercayaan Aztec terhadap dewa-dewa mereka didasarkan pada pengorbanan manusia. Ini mendorong bangsa Aztec untuk terus-menerus memburu tawanan demi dijadikan kurban untuk memuaskan para dewa.

Dengan banyaknya dewa yang harus diberi kurban, tak heran kalau bangsa Aztec menjadi peradaban yang melakukan pengorbanan manusia terbanyak sepanjang sejarah!

Dari sekian banyak dewa-dewa Aztec, inilah 10 dewa yang paling sering diberikan persembahan kurban manusia.

HUITZILOPOCHTLI

HUITZILOPOCHTLI disembah sebagai dewa perang dan matahari. Ia merupakan salah satu dari dewa terpenting dalam kepercayaan Aztec. Dalam salah satu versi penciptaan, HUITZILOPOCHTLI lahir saat ibunya, COATLICUE, dibunuh oleh 400 saudaranya.

HUITZILOPOCHTLI lahir lengkap dengan perlengkapan perang, membalas dendam ibunya dengan membunuh saudara perempuannya, COYOLXAUHQUI, dewi bulan. Permusuhan bersaudara ini menyebabkan terjadinya siklus siang dan malam, karena pertempuran memperebutkan kekuasaan atas langit.


MICTLANTECUHTLI

MICTLANTECUHTLI adalah suami dari MICTECACIHUATL. Berdua, mereka berkuasa atas MICTLAN, atau dunia orang mati. Dalam mitos penciptaan, diceritakan bahwa MICTLANTECUHTLI berusaha menghentikan QUETZALCOATL yang akan menciptakan manusia menggunakan tulang-belulang dari kehidupan sebelumnya.

Bangsa Aztec menyembah MICTLANTECUHTLI dengan ritual pengorbanan manusia di kuil TLALXICCO.

QUETZALCOATL

Dewa kehidupan, cahaya, kebijaksanaan, penguasa angin dan hujan, pencipta umat manusia. Dalam mitologi Aztec, QUETZALCOATL adalah salah satu dewa terpenting.

QUETZALCOATL menciptakan manusia dari tulang-belulang makhluk yang hidup di dunia sebelumnya. Tulang-belulang itu dicurinya dari dunia orang mati. Niatnya dihalangi oleh penguasa dunia orang mati, MICTLANTECUHTLI dan istrinya MICTECACIHUATL. Dalam pertempuran melawan dua dewa tersebut, QUETZALCOATL terjatuh ke dalam jurang, menyebabkan tulang yang dibawanya, patah.

Dengan bantuan CIHUACOATL, QUETZALCOATL menggunakan darahnya untuk memberikan kehidupan kepada tulang-belulang tersebut. Tulang yang patah, menyebabkan terjadinya perbedaan ras dan ukuran tubuh manusia.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan kamu tonton video tentang dewa mitologi Aztec di bawah ini:


Share: