Faktor Penting Menentukan Web Hosting


Saat hendak memilih web hosting, sering kita mencari review dari jasa web hosting tertentu. Namun mencari review bisa membuat kita bingung. Alasannya, karena semua jasa web hosting mempunyai review yang baik dan yang jelek. Sifat dasar manusia tidak pernah puas dengan apapun, termasuk dengan hosting yang digunakan. Sebaik apapun sebuah hosting, pasti akan ada saja pengguna yang komplain. Entah itu mengenai fasilitasnya, harganya, ataupun pelayanan yang diberikan.

Kalau sudah seperti ini, apakah kita harus bergantung pada sebuah review?

Jawabnya adalah bisa saja. Tapi jangan jadikan review sebagai patokan utama dalam memilih. Kita harus menentukan sendiri apakah sebuah hosting layak untuk kita gunakan atau tidak. Tentunya, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan kita.

Secara garis besar, inilah faktor yang harus kita teliti dalam memilih web hosting.

1. Uptime dan Speed

Sebuah web hosting tidak hanya harus cepat, tapi juga harus memiliki uptime yang terjamin. Kebanyakan web hosting mematok 99%, bahkan ada beberapa web host yang dengan berani mematok 100% uptime. Uptime 99% pun sebenarnya terlalu rendah. Standar yang cukup harus berkisar di 99,5% atau lebih.

2. Unlimited Bandwidth Adalah Jebakan

Traffic atau Bandwidth adalah besarnya data yg ditransfer dari situs kita kepada pengunjung saat mereka membuka situs kita. Jangan percaya dengan web host yang menawarkan unlimited bandwidth, sebab tidak ada yg namanya unlimited. Jika ingin menggunakan paket web hosting yang menawarkan unlimited bandwidth, baca baik-baik Term of Service mereka, maka anda akan sadar bahwa 'unlimited' tersebut sebenarnya 'limited' pada batas yang sangat rendah. Jangan kaget kalau tiba-tiba account anda di-suspended atau harus membayar biaya tambahan dengan alasan pemakaian server yang melebihi 'limit'.

3. Ruang Penyimpanan

Kebanyakan situs tidak butuh lebih dari 10 MB untuk ruang penyimpanan file. Tapi ini tentu bukan patokan karena jika anda menggunakan CMS atau Wordpress untuk blog anda, anda mungkin butuh ruang penyimpanan yang sedikit lebih besar. Apalagi jika anda bertujuan menggunakan Wordpress hosting untuk membuat ratusan situs spam dengan autogenerated content.

Kecuali anda ingin menaruh banyak situs dalam satu account hosting, sebuah situs standar tidak butuh disk space sebesar 1GB, atau malah yg 'unlimited'. Perkirakan seberapa besar kapasitas yang dibutuhkan situs anda dan pilihlah paket yang sesuai.

4. Customer Service

Ini sangat penting dalam memilih web hosting. Sebuah web hosting diharuskan memiliki customer support yang siap 24 jam sehari, 7 hari seminggu, sepanjang tahun, baik itu hari libur ataupun weekend. Tidak semua web hosting memiliki dukungan 24/7 walaupun mereka mempromosikan seperti itu. Cara yang paling baik untuk mengetahuinya adalah dengan mengirim email pada tengah malam atau malam minggu (sesuai dengan timezone dimana web hosting itu berada). Kita bisa menilai seberapa cepat mereka merespon balik.

Jika web host yang anda gunakan adalah Reseller hosting, maka kemungkinan respon mereka akan sangat lambat, sebab mereka harus meneruskan permintaan support anda ke web hosting 'aslinya'.

Secara umum, saya ragu apakah ada sebuah web host yang 'sempurna'. Bahkan walaupun harganya mahal, bukan sebuah jaminan bahwa hosting itu bagus. Tapi sebaliknya, jika harganya terlalu murah, maka jangan harap ada dukungan yang memuaskan.

Jadi sebenarnya cara memilih web hosting lebih pada bagaimana menemukan web hosting yang cocok dengan selera kita, dimana kita merasa nyaman dan aman meletakkan situs kita di server mereka.
Share: