Prediksi Skor Indonesia vs Malaysia Final SEA Games 2011


Akhirnya, final ideal SEA Games 2011 mempertemukan Indonesia vs Malaysia, dua negara yang merupakan musuh bebuyutan tak hanya di lapangan hijau, tapi juga di ranah politik. Babak final akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Senin (21/11) besok.

Langsung saja kita lihat peta kekuatan kedua tim ini.

Di bawah mistar gawang, Indonesia punya Kurnia Meiga sementara Malaysia punya Khairul Fahmi. Kedua penjaga gawang ini adalah tembok yang sama tangguhnya.

Khairul Fahmi merupakan kiper timnas senior Malaysia yang mengalahkan Indonesia di Piala AFF tahun lalu. Penampilan Fahmi di SEA Games 2011 ini juga sangat baik. Gawangnya sulit dibobol, termasuk oleh Indonesia pada pertemuan di fase grup. Fahmi bisa mengambil keputusan dengan tepat, koordinasi dengan lini belakang yang bagus, dan jago memotong umpan-umpan silang dan terobosan.

Kurnia Meiga belum banyak teruji selama SEA Games 2011 karena memang gawangnya jarang terancam. Satu-satunya gol ke gawangnya adalah melalui titik penalti.

Melihat penampilan di Liga Indonesia, dapat dipastikan kiper muda yang satu ini punya kemampuan yang setara dengan level senior. Kurnia Meiga punya kemampuan baik dalam menggagalkan tembakan, serta timing yang sempurna dalam memotong umpan.

Di lini belakang, Malaysia punya barisan 4 bek yang solid dan selalu tampil disiplin. Empat orang bek utama Malaysia bermain bersama dalam satu tim sehingga koordinasi mereka sangat baik. Kemampuan mematahkan pola serangan lawan mereka harus diakui.

Lini belakang Indonesia, lebih terlihat menonjol secara kemampuan individual. Abdul Rahman dan Diego Michell merupakan tembok pertahanan yang sulit dilewati lawan. Penampilan Diego di sisi kiri pertahanan Indonesia selama SEA Games 2011 bisa dikatakan sempurna. Belum pernah sekalipun dia dipreteli lawan secara langsung. Diego juga terlihat sering melakukan overlapping untuk mendukung serangan lewat sayap kiri.

Lini tengah kedua tim dihuni oleh para kapten. Egi Megiansyah dan Baddrol Bakhtiar sama-sama merupakan pengatur serangan di masing-masing tim. Keduanya punya visi yang bagus dalam mengalirkan bola ke lini depan, dan merupakan gelandang jenis petarung. Baddrol punya keunggulan dengan tendangan jarak jauh, sementara Egi punya umpan maut dari situasi bola mati.

Di lini serang, baik Indonesia maupun Malaysia memiliki barisan depan yang sama-sama tajam dan cepat. Duet maut Tibo-Wanggai memang lebih menakutkan dan terbukti merupakan penyerang tertajam di SEA Games 2011. Bersama Okto Maniani dan Andik Vermansyah, empat penyerang Indonesia ini punya kecepatan yang bisa merusak koordinasi lini belakang Malaysia.

Lini depan Malaysia punya skill Individu yang baik, serta bermain sebagai satu kesatuan dengan pasing-pasing dan umpan terobosan akurat yang bisa membuat lini pertahanan Indonesia kocar-kacir. Satu nama yang terbukti harus diwaspadai tentu saja Ibrahim Syahrul Azwari. Pemain berusia 18 tahun ini dan bernomor punggung 18, mencetak gol ke gawang Indonesia di menit 18 dalam pertemuan sebelumnya. Azwari telah membuktikan bahwa kecepatan yang dia miliki mampu menembus barisan belakang Indonesia bila kurang waspada.

Meski Indonesia dan Malaysia memiliki kekuatan yang hampir sama, namun Indonesia masih lebih unggul dalam kemampuan menjebol gawang lawan. Belum lagi kemampuan Patrich Wanggai dalam mengeksekusi tendangan bebas. Dipastikan, Indonesia lebih unggul dari Malaysia.

Namun, ada satu hal penting yang selalu menjadi faktor utama kekalahan Indonesia terhadap Malaysia, yakni emosi. Pertemuan dengan Malaysia selalu menjadi pertandingan emosional yang merusak permainan tim Merah Putih.

Di babak final SEA Games 2011 nanti, Indonesia harus mampu tampil tenang dan sabar, serta tidak terprovokasi dengan aksi-aksi yang akan dilakukan pemain Malaysia untuk menyulut emosi.

Jika hal ini dapat dilakukan, kemenangan akan berada di tangan Indonesia.

Prediksi Skor Indonesia vs Malaysia: Indonesia bisa menang dengan skor 3-1.
Share: