Hasil Pertandingan Indonesia vs Malaysia SEA Games 2011


hasil indonesia vs malaysiaTim nasional Indonesia U-23 akhirnya menyerah 0-1 pada Malaysia dalam laga terakhir penyisihan Grup A SEA Games XXVI/2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (17/11/2011).

Untuk pertama kalinya, tim nasional Indonesia ketinggalan angka terlebih dulu dalam pertandingan di SEA Games XXVI/2011. Gawang Indonesia kebobolan lebih dulu pada menit ke-18 melalui gol yang dicetak Ibrahim Syahrul Azwari.

Ibrahim menggiring bola melalui sisi kiri gawang Indonesia, melewati lini pertahanan yang dijaga Yericho Christiantoko. Sayangnya, Yericho gagal mengejar Ibrahim yang terus berlari mendekat ke gawang Andrittany Ardhiyasa dan akhirnya pemain bernomor punggung 18 itu berhasil menyarangkan gol dan membuat Indonesia tertinggal 0-1.

Sejak awal pertandingan, ritme permainan kedua tim berlangsung cepat melalui serangan demi serangan. Namun, Malaysia tampak lebih unggul dalam penguasaan bola dan membangun serangan dengan organisasi yang lebih rapi.

Berkali-kali Malaysia mencoba memasuki lini pertahanan Indonesia dari sisi gawang Andrittany, baik dengan tendangan langsung maupun umpan-umpan cantik kepada pemain di depan gawang.

Sejumlah peluang emas diciptakan Malaysia dengan mudahnya. Pada menit ke-24, sundulan Omar Mohd Asraruddin sempat mengancam gawang Andrittany yang untungnya hanya membentur tiang gawang Indonesia.

Tak hanya itu, lini pertahanan mereka pun dijaga dengan cukup ketat. Sejumlah serangan Indonesia mudah dipatahkan, bahkan sejak dari lini tengah. Pada menit ke-35, misalnya, langkah Titus Bonai berhasil dipatahkan bek Malaysia, Othman Mohamad Fandi. Fandi berhasil merebut bola dari kaki Tibo yang sudah berada di depan gawang Malaysia.

Tak ada gol sepanjang babak kedua berlangsung. Padahal, peluang emas bertaburan bagi kedua tim di babak ini, terutama bagi timnas Indonesia. Para pemain depan Rahmad Darmawan ini kerap gagal dalam mengeksekusi gol.

Pada awal babak kedua, Titus Bonai memiliki kesempatan emas karena bisa menggiring bola ke depan gawang Che Mat Khairul Fahmi, sayangnya tendangan pemain Persipura Jayapura ini terlalu melebar. Dua menit kemudian, Ferdinand Sinaga kembali membuang peluang terbaik karena gagal menyelesaikan umpan cantik dari Titus Bonai.

Titus Bonai kembali gagal mengeksekusi umpan yang indah dari Ramdhani Lestaluhu pada menit ke-53. Pergerakan bola yang disonteknya terlalu lebar. Satu menit kemudian, Lukas Mandowen gagal menyarangkan gol di gawang Malaysia setelah mendapatkan umpan matang dari Ferdinand Sinaga. Sundulannya terlalu lemah sehingga bisa ditangkap dengan mudah oleh Che Mat Khairul Fahmi.

Ferdinand kembali melepas peluang emas dengan sia-sia pada menit ke-62. Pemain asal Semen Padang ini tampak tak sabar sehingga langsung melesatkan tendangan keras dari kaki kirinya. Namun, dengan mudah terbaca oleh kiper Malaysia.

Pelatih Malaysia Ong Kim Swee diganjar kartu merah oleh wasit pada babak kedua. Swee diusir dari bangku pelatih di pinggir lapangan pada menit ke-68 dan duduk menuju tribun penonton didampingi sejumlah tim ofisialnya.

Wasit Fahad Alkassar mengeluarkan kartu merah setelah Swee melontarkan protes keras terhadap wasit karena hanya mengenakan kartu kuning kepada pemain Indonesia, Ferdinand Sinaga, yang menjatuhkan pemainnya melalui tekel keras pada menit ke-66. Ferdinand melakukan sliding ke arah Ibrahim yang mencetak satu-satunya gol untuk Malaysia sampai saat ini.

Menurut Swee, pelanggaran keras yang dilakukan Ferdinand seharusnya diganjar kartu merah. Namun, justru dirinya yang diganjar karena memprotes keputusan tersebut.

Dengan hasil ini, Malaysia tampil sebagai juara Grup A dan Indonesia harus puas sebagai runner-up Grup A. Indonesia akan bertemu juara Grup B, Vietnam, di partai semifinal. Sementara Malaysia akan bertemu dengan runner-up Grup B, Myanmar.

Sumber: Hasil Indonesia vs Malaysia SEA Games U-23
Share: