Hasil Indonesia vs Malaysia Final SEA Games 2011


hasil final indonesia vs malaysiaIndonesia kembali kalah dari Malaysia untuk kedua kalinya. Dalam pertandingan Final SEA Games 2011, Malaysia menaklukkan Indonesia lewat drama adu penalti.

Sejak pertandingan dimulai, Indonesia langsung menyerang dengan cepat. Hasilnya, di menit 2 gawang Malaysia bobol oleh sundulan Gunawan Dwi Cahyo yang menyambut tendangan sudut dari Okto Maniani.

Ketinggalan satu gol, Malaysia bangkit mengejar ketertinggalan. Pola permainan bola-bola pendek diperagakan di lapangan tengah. Indonesia terlihat kesulitan mengimbangi permainan Malaysia dan hanya dapat bertahan, kemudian melancarkan serangan balik dengan umpan panjang yang dengan mudah dipatahkan lini belakang Malaysia.

Di menit 36 Malaysia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Kesalahan yang dilakukan pemain bertahan Indonesia memberi ruang bagi kapten Malaysia Baddrol untuk masuk ke kotak penalti dan memberikan umpan lambung yang disambut dengan sundulan oleh Omar Mohamad Asrarudin.

Sepanjang babak pertama, Indonesia tertekan dan hanya bisa melancarkan serangan sporadis.

Memasuki babak kedua, permainan Indonesia makin rusak seperti tidak ada pola yang jelas. Pelatih Rahmat Darmawan melakukan perubahan strategi di menit 65 dan Indonesia langsung mengambil alih kendali permainan.

Situasi kini berbalik, Indonesia mengurung Malaysia dan gencar melakukan serangan. Tapi penjaga gawang Khairul Fahmi terlalu tangguh untuk ditaklukkan.

Babak kedua berakhir dengan hasil masih 1-1 sehingga pertandingan memasuki babak perpanjangan waktu.

Sepanjang 30 menit di babak tambahan, Indonesia benar-benar sepenuhnya menggempur gawang Fahmi. Namun semua pemain Malaysia turun bertahan hingga gawang Fahmi masih sulit dibobol.

Ferdinand Sinaga sempat menjebol gawang Malaysia dengan meneruskan bola rebound dari tendangan Okto Maniani. Namun sayang, Okto telah berada dalam posisi off-side sehingga gol Sinaga dianulir oleh wasit.

Hasil tak berubah, drama adu penalti pun digelar.

Kurnia Meiga sukses menahan tendangan Asrarudin. Namun Gunawan Dwi Cahyo mengarahkan bola ke tiang gawang dan memantul ke luar.

Fahmi menjadi pahlawan Malaysia saat ia menggagalkan tendangan penalti Ferdinand Sinaga.

Dengan hasil ini, perjuangan Indonesia untuk merebut emas SEA Games kandas sudah, dan Harimau Malaya lagi-lagi membuktikan bahwa mereka masih lebih kuat dari Merah Putih.
Share: