Pesawat Pengebom Tercanggih Amerika Gagal Uji Coba Lagi


falcon htv-2Usaha Amerika Serikat (AS) untuk menciptakan pesawat pengebom tercepat di dunia mengalami kegagalan lagi. Pesawat Falcon HTV-2 terbaru mereka yang memiliki kecepatan 20 kali kecepatan suara, mengalami kegagalan saat uji coba penerbangan hari Kamis 11 Agustus 2011 ini.

Pesawat yang dirancang untuk melakukan pengeboman ke belahan manapun di bumi ini dalam waktu kurang dari 1 jam, kehilangan kontak dengan pusat pengendali setelah terbang selama 20 menit.

falcon htv-2 minotaur IVFalcon HTV-2 adalah jenis pesawat tak berawak dan sepenuhnya dikendalikan secara otomatis oleh komputer. Operator hanya perlu memasukkan rute penerbangan dan target pengeboman, lalu pesawat akan berjalan dengan sendirinya melakukan pengeboman tersebut. Seluruh badan pesawat dilapisi karbon tahan panas sampai pada titik 2.000 derajat celcius.

Penyebab kegagalan dalam uji coba hari ini belum diketahui. Falcon lepas landas dengan menumpang roket Minotaur IV menuju batas ruang angkasa. Dari titik itu, Falcon melepaskan diri dari roket dan melakukan penerbangan kembali ke bumi dengan kecepatan 20 kali kecepatan suara.

falcon flightRute yang telah ditentukan bagi Falcon adalah terbang ke arah Barat selama 30 menit dengan kecepatan penuh, kemudian menjatuhkan diri ke lautan. Selama 20 menit awal, semua fungsi pesawat berjalan dengan mulus. Namun tiba-tiba, pusat pengendali di Pangkalan Udara Vandenberg kehilangan kontak dengan Falcon.

Melalui akaun Twitter, DARPA, organisasi yang merancang Falcon, mengumumkan bahwa pesawat telah kehilangan kontak dan kemungkinan besar secara otomatis telah menjatuhkan diri di Samudra Pasifik.

Ini adalah yang kedua kalinya pesawat jenis Falcon HTV-2 gagal saat uji coba. Yang pertama terjadi tahun lalu dimana pesawat hanya mampu terbang selama 9 menit. Saat itu komputer mendeteksi ada yang tidak beres dengan sistem pesawat dan langsung menceburkan diri ke laut.
Share: