Google Adsense di Blog Bahasa Indonesia Tidak Muncul


Sejak tanggal 9 Juli 2011, iklan Google Adsense di blog ini sering tidak muncul. Awalnya saya mengira ada masalah dengan account GA saya. Tapi setelah cek sana-sini ke blog-blog lain yang juga memasang Adsense di konten berbahasa Indonesia, ternyata semua mengalami hal serupa, pada saat yg bersamaan.

Masalah ini dialami oleh blog-blog yang menggunakan perantara kode Friend Connect untuk menampilkan iklan Adsense di konten bahasa Indonesia. Dugaan saya, Google sedang mengutak-atik layanan Friend Connect mereka sehubungan dengan peluncuran Google Plus (Google+), Sosial Network yang akan menjadi saingan Facebook. Peluncuran Google+ ini juga dikabarkan akan membuat Blogger ganti nama menjadi Google Blogs.

Untuk blog yang memiliki konten berbahasa Inggris, iklan tetap muncul seperti biasanya. Jadi memang benar bahwa masalah ini cuma dialami blog bahasa Indonesia.

Meskipun agak khawatir karena pendapatan yang menurun drastis, tapi setidaknya saya cukup lega karena ternyata tidak ada masalah dengan account GA. Semoga saja masalah ini cepat berakhir dan iklan Adsense di blog bahasa Indonesia bisa kembali normal.
Share: