Blogger Ganti Nama


Google akan mengganti nama Blogger dan Picasa pada akhir Juli atau pertengahan Agustus nanti. Blogger akan berganti nama menjadi Google Blogs dan Picasa akan menjadi Google Photo.

Perubahan nama ini dilakukan Google sebagai proses integrasi Blogger dan Picasa ke dalam Google + (Google Plus), Sosial Network yang akan dijadwalkan untuk diluncurkan pada akhir bulan Juli ini.

Namun meski sumber terpercaya seperti Mashable telah memuat berita mengenai Blogger ganti nama, belum ada pernyataan resmi dari pihak Google. Sejumlah posting di forum resmi Blogger yang mempertanyakan hal ini belum mendapat tanggapan dari Google.

Pergantian nama memang bukan yang pertama kali dilakukan oleh Google. Sebagai contoh, pada tahun 2007 Google membeli VOIP Grand Central dan mengganti nama produk tersebut menjadi Google Voice. Dengan mengganti nama Blogger dan Picasa, kekuatan brand Google akan semakin kuat. Hal ini mengingat banyak yg menggunakan Blogger dan Picasa namun tidak tahu bahwa kedua layanan tersebut adalah milik Google.

Bagi para pemilik blog, terutama mereka yang mengais Dollar menggunakan layanan Blogger (termasuk blog ini), pergantian nama ini sedikitnya menimbulkan kekhawatiran. Jika perubahan nama Blogger disertai perubahan alamat URL, maka secara otomatis halaman-halaman blog yang terindex di halaman pencarian Google akan mengalami gangguan ranking. Imbasnya tentu saja penurunan pengunjung secara drastis yang akan berakibat pada turunnya pendapatan.

Hal ini tentu hanya mempengaruhi blog-blog yang masih menggunakan sub-domain blogspot, sedangkan bagi yang telah menggunakan domain sendiri, tidak akan terpengaruh.

Semoga saja meskipun Blogger ganti nama, tapi alamat URL tidak berubah. Karena jika hal itu terjadi, tampaknya akan banyak blogger yang jatuh miskin.
Share: