Memulai Bisnis Online


cara memulai bisnis onlineAnda mungkin mendengar kisah-kisah kesuksesan para master di dunia bisnis online dan tertarik untuk memasuki dunia tersebut. Sekilas, sukses mereka kedengarannya mudah, tapi faktanya tidak demikian. Untuk sukses dalam bisnis online seperti mereka, anda harus benar-benar siap sejak awal memulai.

Setelah anda melalui tahapan persiapan yang matang, selanjutnya anda akan dihadang oleh berbagai rintangan dan halangan yang membutuhkan kesabaran dan kerja keras. Hanya setelah anda mampu bertahan melewati semua hal tersebut maka anda akan bisa menikmati hasil pekerjaan anda.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah sebuah web hosting yang kuat. Ini adalah lahan dimana anda mendirikan kerajaan bisnis anda, jadi pastikan bahwa anda mendirikan sebuah pondasi yang kokoh. Ada beragam pilihan yang bisa anda pertimbangkan, tetapi yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Ada baiknya anda menyesuaikan lokasi server anda dengan target pengunjung yang anda inginkan. Misalnya target pengunjung anda adalah dari Indonesia, maka sebaiknya dedicated server anda juga terletak di Indonesia. Hal ini dapat membuat website anda lebih cepat diakses oleh pengunjung dari Indonesia.

Selanjutnya, anda bisa menentukan jenis platform yang mampu memfasilitasi keperluan bisnis anda. Baik Wordpress, Joomla, maupun Drupal semuanya bisa digunakan, tergantung yg mana yang anda sukai. Tapi bila menginginkan kemudahan dan pengoperasian yang sederhana, maka Wordpress adalah pilihan yang terbaik.

Setelah semuanya siap, maka anda akan membutuhkan materi untuk konten website anda. Pilih topik atau bidang yang anda inginkan, lalu mulailah menulis. Jika anda belum punya kemampuan menulis, tidak ada salahnya membayar seseorang untuk menjadi penulis di website anda.

Yang penting anda tekun dan sabar, maka perlahan-lahan website anda akan semakin populer dan bisnis online anda akan semakin berkembang. Ingat, jangan pernah terlena dengan istilah titik aman sebab seberapa besar pun kerajaan bisnis anda, dapat hancur hanya dalam sekejap jika anda lengah. Selamat berusaha dan semoga sukses.
Share: