Logo Olimpiade 2012


logo olimpiade 2012Logo Olimpiade 2012 - Ketika logo Olimpiade 2012 diluncurkan pada tahun 2007 lalu, badai kritik tak henti-henti menerjang. Logo yang dianggap nyeleneh itu memang tidak seperti logo Olimpiade lain selama ini.

Awalnya, kritik hanya menyebut soal pola bergerigi pada tulisan 2012 yang kelihatan seperti 'monster' atau berantakan, dan ada juga yang menyebutnya 'digambar oleh kera'.

Pada tahun yang sama, sebuah petisi yang dilakukan secara online bahkan menuntut agar logo Olimpiade 2012 dibongkar dan dibuat kembali. Namun organisator Olimpiade tetap mempertahankan logo tersebut, dengan alasan bahwa logo Olimpiade 2012 memberi kesan 'modern, berani, dan fleksibel,' serta pro anak muda.

Tapi menjelang semakin dekatnya penyelenggaraan even olahraga akbar tersebut, kritik yang datang semakin parah. Masalah idiologi mulai diangkat sehubungan dengan logo yang kontroversial tersebut.

Iran, merupakan salah satu negara yang dengan lantang menyatakan akan mengundurkan diri dari Olimpiade 2012 bila logo tersebut tetap digunakan. Ketua Komite Nasional Olimpiade Iran, Mohammad Aliabadi menyatakan bahwa logo Olimpiade 2012 membawa semangat rasisme.

"Kita adalah saksi bahwa olimpiade berikut telah disusupi semangat rasisme oleh orang-orang tertentu," kata Aliabadi dalam surat kepada presiden International Olympic Committee, Jacques Rogge, yang dipublikasikan oleh News.com.au.

Aliabadi menuding bahwa logo Olimpiade 2012 mengandung kata "Zion" yang sengaja disusupkan oleh desainer logo tersebut. Ia mengecam bahwa tindakan itu adalah aksi memuakkan.

Iran juga mengajak negara-negara lain untuk bereaksi terhadap kampanye rasisme tersembunyi di balik Logo Olimpiade 2012.
Share: