Syamsir Alam Cidera


Syamsir Alam cideraSyamsir Alam Cidera - Striker muda U-19 Indonesia, Syamsir Alam, cidera saat mengikuti seleksi timnas U-23 di lapangan PSSI Senayan pada hari Jumat, 7 Januari 2011 kemarin. Syamsir hanya mengikuti sesi latihan pagi dan beristirahat pada sore harinya, karena cidera betis yang kambuh.

Selain itu, Syamsir juga harus bersiap untuk berangkat ke Uruguay untuk mengikuti tes kesehatan dengan klub barunya, Penarol. Syamsir Alam digaet klub divisi utama Liga Uruguay itu dengan status pinjaman atau loan dari klub Sociedad Anonima Deportiva (SAD).

SAD adalah klub yang dibentuk untuk mengikuti Liga Uruguay sebagai pembinaan jangka panjang bagi bakat-bakat muda Indonesia.

Pelatih Alfred Riedl sudah mengijinkan Syamsir Alam untuk absen dari sesi seleksi selanjutnya dan pemain muda tersebut tinggal menunggu pemberitahuan hasil seleksi.

Jika Syamsir resmi dipanggil ke timnas U-23 untuk SEA Games dan Pra-Olimpiade, maka Badan Tim Nasional (BTN) Indonesia akan perlu melakukan pembicaraan dengan Penarol, karena Syamsir harus mengikuti pelatnas jangka panjang di Indonesia dan tidak bisa membela klub barunya tersebut.

Dengan cidera betis yang dialaminya, ada sedikit kecemasan mengenai tes kesehatan yang akan dijalani Syamsir di Uruguay. Striker muda ini telah menjadi langganan timnas dan bakatnya diperkirakan mampu berkembang setara dengan pemain-pemain Amerika Selatan. Tawaran pinjaman dari klub Penarol yang berlaga di divisi utama Uruguay adalah salah satu pengakuan terhadap kemampuan Syamsir Alam yang saat ini masih berusia 18 tahun.

Kemungkinan besar Syamsir masih akan menghuni tim cadangan atau reserve di Penarol, tapi tidak menutup kemungkinan untuk sesekali diturunkan bersama tim inti.

Jika Syamsir mampu menunjukkan kualitasnya, dapat dipastikan Penarol akan rela merogoh kocek untuk membelinya dari SAD. Dari sini, tumpuan Syamsir untuk melompat ke klub Eropa akan terbuka lebar, asal kemampuannya terus meningkat.

Dengan demikian, dalam rentang waktu lima tahun ke depan, tim nasional Indonesia akan punya pemain dengan kualitas mendunia.
Share: