Situs Pertamina Milik Israel?


Situs Pertamina Milik Israel? - Jika anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci "Pertamina," maka yang akan muncul paling atas adalah situs resmi PT. Pertamina Indonesia. Tapi uniknya, dalam hasil pencarian Google tersebut, tertulis kata "Israel" setelah link website Pertamina.

situs pertamina israelHal ini telah memicu perdebatan kecil di beberapa forum online. Ada yang mengatakan bahwa situs Pertamina mempunyai kaitan dengan Israel, dan ada pula yang mengatakan bahwa situs Pertamina milik Israel.

Apakah mungkin situs Pertamina milik Israel?

Entah apa penyebabnya sehingga di hasil pencarian Google tersebut muncul kata Israel setelah alamat website pertamina. Sampai pada hari ini, 17 Januari 2011, tulisan Israel itu masih ada di hasil pencarian Google.

Situs itu sendiri ditulis dalam bahasa Inggris namun ada juga artikel yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia. Isinya tentu saja informasi seputar PT. Pertamina dan perkembangan industri minyak baik di dalam negeri maupun internasional.

Dari hasil browsing halaman-halaman website Pertamina, tidak ditemukan adanya artikel atau kalimat yang berhubungan dengan Israel. Bahkan, di seluruh halaman situs tersebut tidak ada kata Israel.

Apakah ini adalah kesalahan dari pihak Google, ataukah webmaster yang mengoperasikan website Pertamina tanpa sengaja telah keliru melakukan setting? Mungkin juga situs Pertamina dioperasikan dari Israel atau menggunakan jasa layanan hosting yang beralamat di Israel.

Dugaan saya, website Pertamina menggunakan geo-targeting dalam pengaturan di Webmaster Tools Google, dan mungkin tanpa sengaja memilih Israel sebagai target audience. Yang jelas, tidak mungkin situs Pertamina milik Israel.
Share: