Seleksi Timnas U-23


seleksi timnas u-23Seleksi Timnas U-23 - Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, PSSI akan menggelar seleksi timnas U-23 pada hari Jumat, 7 Januari 2010, di lapangan PSSI Senayan (Lapangan C).

Proses seleksi ini akan berlangsung selama 10 hari sampai tanggal 17 Januari nanti dan melibatkan sebanyak 85 pemain yang terdiri dari pemain lokal maupun keturunan. Tentu saja, semua pemain harus berusia 23 tahun atau kurang.

Timnas U-23 ini dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2011 dan Pra-Olimpiade 2012 nanti. Alfred Riedl telah memanggil lima nama yang memperkuat timnas senior pada Piala AFF lalu. Lima pemain tersebut adalah Yongki Ariwibowo, Johan Juansyah, Kurnia Mega, Oktavianus Maniani dan Irfan Bachdim.

Riedl juga memanggil beberapa pemain U-19 yang berlaga di Liga Uruguay. Diantaranya termasuk Syamsir Alam dan Mochammad Zainal Haq yang akan segera bergabung dengan klub Uruguayan Primera División, Peñarol, dengan status pinjaman.

Dua pemain ini adalah bagian dari program pembinaan pemain muda jangka panjang Indonesia di Liga Uruguay dengan nama Sociedad Anonima Deportiva (SAD). Syamsir Alam disebut-sebut sebagai bintang muda yang akan bersinar di timnas senior Indonesia dalam satu dekade ke depan.

Karena Syamsir dan Zainal Haq akan menjalani latihan perdana bersama klub baru mereka pada tanggal 12 Januari, kedua pemain ini hanya akan mengikuti seleksi timnas U-23 gelombang pertama tanggal 7-9 Januari.

Beberapa nama pemain keturunan Indonesia juga dipanggil oleh Alfred Riedl untuk seleksi ini. Oliver Rifai, Stefano Lilipaly, James Zaidan Saragih, Arthur Irawan, Mark van de Mareel, Farri Agri dan Andrea Blitar adalah sederet pemain keturunan yang dipanggil selain Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Kepastian nasib Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan untuk memperkuat timnas U-23 juga masih mencemaskan karena keduanya memperkuat klub Persema Malang yang telah keluar dari Superliga Indonesia dan bergabung dengan Liga Primer Indonesia.

PSSI telah mengatakan tidak akan memanggil pemain yang berlaga di Liga Primer Indonesia. Namun pernyataan dari Menteri Pemuda dan Olahraga telah menegaskan bahwa Irfan Bachdim akan tetap dipanggil ke timnas U-23.
Share: