Jadwal Liga Primer Indonesia (LPI) Diumumkan Usai Laga Perdana


Jadwal LPI - Sampai hari ini, 5 Januari 2011, jadwal pertandingan Liga Primer Indonesia belum juga diumumkan oleh penyelenggara. Padahal, pertandingan perdana LPI antara Persema Malang vs Solo FC akan segera berlangsung pada hari Sabtu nanti. Hal ini sempat menimbulkan sindiran terhadap penyelenggara LPI.

"Itu namanya manajemen sate. Yang mesti klub tahu bahwa, status pemain kini menjadi dimiliki LPI, bukan lagi milik klub. Suatu saat nanti ini akan bermasalah," kata Tigor S Boboy, Sekretaris Badan Liga Indonesia (BLI).

Tigor secara tersirat menuding bahwa LPI tidak becus mengurus kompetisi. Ia juga menyebutkan adanya perbedaan antara Super Liga Indonesia (ISL) dengan LPI. Yang paling utama, di LPI semua hal diurus oleh konsorsium mulai dari kontrak pemain, pelatih sampai pada manajemen klub. Itu berarti, seluruh kompetisi tersebut sebenarnya merupakan milik konsorsium, termasuk pemain.

Beberapa klub peserta LPI seperti PSM, mengaku belum tahu jadwal pertandingan mereka musim ini. PSM mengakui hanya diberi informasi bahwa mereka akan menjamu Persema Malang pada tanggal 22 Januari nanti.

Idealnya, jadwal pertandingan sepanjang musim sudah harus diumumkan sekurang-kurangnya tiga pekan sebelum kompetisi dimulai. Menurut General Manajer LPI, Arya Abhiseka, penundaan ini terjadi karena adanya penyesuaian jadwal penggunaan stadion dengan ISL dan Divisi Utama Liga Indonesia. Penyesuaian ini terjadi karena sebagian besar klub-klub LPI menggunakan stadion yang sama dengan klub peserta ISL dan Divisi Utama.

Hendriyana, staf LPI yang bertugas di bagian penyusunan jadwal, memberitahukan bahwa mereka telah selesai menyusun jadwal pertandingan LPI yang terdiri dari 380 partai. Jadwal tersebut disusun untuk 20 klub, karena Arema dikabarkan akan ikut ambil bagian dalam LPI. Jika Arema batal, berarti tinggal 19 klub yang telah memastikan untuk berlaga sepanjang musim kompetisi yang berdurasi selama 10 bulan tersebut.

Media Officer LPI Abi Hasantoso mengatakan bahwa jadwal lengkap pertandingan Liga Primer Indonesia sepanjang musim 2011 akan diumumkan usai laga perdana antara Persema Malang vs Solo FC pada tanggal 8 Januari nanti.

“Soal jadwal LPI, bukan tidak mau dirilis ke publik. Tapi menunggu momen tepat. Jadwal akan dirilis usai laga perdana di Solo nanti, semua media akan saya kirim jadwalnya,” ungkapnya.
Share: