Apa Arti Pemakzulan


Apa Arti Pemakzulan - Jujur saja, saya baru pertama kali mendengar kata pemakzulan ketika membaca berita beberapa hari terakhir ini. Saya yakin diantara pembaca ada juga yang belum mengetahui arti pemakzulan.

Pemakzulan memang bukan kata umum yang biasa digunakan sehari-hari. Jadi saya pikir wajarlah jika kita memang belum tahu artinya. Tapi bagi pembaca berita, tentu penting untuk mengetahui arti kata pemakzulan agar bisa memahami berita yang dibaca. Karena itulah saya berharap penjelasan mengenai arti pemakzulan di bawah ini bisa membantu pembaca.

Pemakzulan adalah proses resmi dimana seorang pejabat dituntut atas tindakan pidana yang melanggar hukum dan akibatnya bisa menyebabkan pejabat tersebut dipecat dari jabatannya. Dalam bahasa Inggris, pemakzulan dikenal dengan kata impeachment.


Pemakzulan harus dibedakan dengan istilah "pemilihan ulang." Perbedaannya, dalam pemilihan ulang, pejabat dapat dituntut karena dianggap tidak menjalankan tugas dengan baik dan benar. Sedangkan untuk pemakzulan, pejabat murni dituntut karena kejahatan pidana yang melanggar hukum yang berlaku di negara tersebut.

Pemakzulan itu sendiri tidak langsung membuat pejabat yang bersangkutan dipecat. Setelah terbukti bersalah secara hukum, akan diadakan pemungutan suara legislatif untuk menentukan apakah pejabat itu dipecat dari jabatannya atau tidak.

Di Indonesia, berita yang sedang hangat adalah pemakzulan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehubungan dengan investigasi anggota DPR terhadap kasus Bank Century.
Share: