Timnas, Irfan Bachdim, Okto, Firman, dan Cinta Indonesia


Twitter trendingKejayaan timnas Indonesia saat merajam Laos dengan skor 6-0 benar-benar terdengar ke telinga dunia. Lewat situs jejaring sosial Twitter, pendukung Indonesia mengabarkan ke seluruh penjuru dunia mengenai kemenangan Indonesia.

Setidaknya lima dari 10 trending topic di Twitter dijajah oleh topik seputar kemenangan tim Merah Putih atas Laos di Piala AFF 2010. Topik tersebut adalah:
  • Irfan Bachdim
  • Firman
  • Okto
  • Cinta Indonesia
  • Timnas
Munculnya topik seputar timnas Indonesia di Twitter membuat banyak pengguna luar negeri, termasuk artis dan selebriti yang menjadi penasaran dengan nama-nama yang disebut. Bagi para selebriti, menjadi trending topic di Twitter adalah salah satu bukti popularitas, sebab tidak mudah untuk menorehkan nama di sepuluh topik terpanas tersebut.

Alhasil, ketika tiba-tiba nama Okto, Irfan Bachdim, dan Firman tiba-tiba berjejer di topik panas Twitter, jelas banyak yang penasaran dengan tiga orang ini. Pencarian Google di berbagai data center di seluruh dunia menunjukkan peningkatan signifikan terhadap nama-nama tersebut.

Para webmaster (pembuat/pemilik situs) pun penasaran dengan fenomena ini. Pasalnya, trending topic di Twitter itu adalah topik terpanas di seluruh dunia. Tapi kenyataannya, seseorang tidak perlu populer di seluruh dunia untuk menjadi topik terpanas. Cukup dengan menjadi buah bibir di Indonesia, maka tersebarlah ke seluruh dunia.

Pengguna Twitter yang berasal dari Indonesia memang menempati posisi teratas dalam jumlah. Hasil riset comScore menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan pengguna Twitter terbanyak di dunia. Inilah yang membuat topik seputar Indonesia selalu menjadi trend di situs jejaring sosial tersebut.

Sebagian orang salut dengan pengguna Twitter Indonesia yang disebut mampu "membajak" Twitter dengan mudahnya. Sebagian malah merasa ngeri dengan hal ini. Bayangkan saja, ini bukan Piala Dunia, bukan pula Piala Asia. Ini hanyalah pentas sepakbola Asia Tenggara, sebuah lingkup kecil dalam persepakbolaan dunia. Sejatinya, orang di berbagai belahan dunia lain tak peduli dengan Piala AFF 2010 ini.

Tapi mau tak mau, mereka harus peduli, karena nama Indonesia dan pemain-pemainnya disodorkan di hadapan layar monitor komputer dan handphone mereka. Perhatian dunia disedot untuk menatap Piala AFF 2010. Timnas Indonesia menjadi sorotan mata sepakbola dunia, berkat para Tweeps.

Terima kasih, karena dengan dukungan para Tweeps ini, kejayaan timnas Indonesia menggema di seluruh penjuru bumi. Entah ada berapa banyak hati yang bergetar dan nyali yang ciut bila akan berhadapan dengan pasukan Garuda di kemudian hari.
Share: