Teroris Abu Tholut Ditangkap


Abu Tholut ditangkapAbu Tholut Ditangkap - Tokoh yang diidentifikasi sebagai Koordinator Lapangan (korlap) jaringan teroris Indonesia, Abu Tholut, ditangkap Densus 88 Antiteror di Kudus, Jawa Tengah pada hari Jumat 10 Desember 2010. Dengan ditangkapnya Abu Tholut, kekuatan teroris di Indonesia diperkirakan menyusut sebesar 25 persen.

Keberhasilan Densus 88 menciduk Abu Tholut tidak terjadi begitu saja. Penyelidikan yang memakan waktu lama serta kerja keras dan kesabaran yang luar biasa merupakan penentu dari kesuksesan ini. Apalagi, Abu Tholut bukanlah seorang kroco yang mudah ditangkap. Ia memiliki skill yang luar biasa dan kemampuan dalam menggerakkan pasukan.

Lokasi persembunyian Abu Tholut diketahui polisi dari pengumpulan informasi yang berasal dari berbagai sumber, termasuk dari beberapa anak buah Abu Tholut yang telah berhasil ditangkap.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh, Densus 88 melakukan pengintaian selama dua pekan. Salah satu lokasi pengintaian adalah di sekitar kediaman istri DPO teroris atas nama Musthopa alias Pranata alias Imron Baihqi alias Abu Tholut di Kudus, Jawa Tengah.

Pengintaian ini dilakukan dengan tujuan untuk menangkap Abu Tholut hidup-hidup sehingga polisi dapat mengeruk lebih banyak informasi mengenai jaringan terorisme mereka. Apalagi, telah banyak kritikan terhadap Densus 88 yang katanya menembak mati teroris yang akan ditangkap.

Karena itu, polisi menyusun rencana penangkapan dan menanti saat yang tepat agar dapat menangkap Abu Tholut tanpa perlawanan.

"Ada kaki tangannya (Abu Tholut) yang memang ditangkap, dan menggiring ke arah Kudus," jelas pengamat teroris Mardigu Wowieq Prasantyo.

Menurut penjelasan Mardigu, Abu Tholut termasuk dalam jaringan teroris Indonesia yang memiliki akses ke jaringan internasional. Jaringan ini berbeda dengan teroris yang sudah sejak dulu ada di Indonesia dengan tujuan membuat negara Islam di Indonesia.
Share: