Skor Hasil Pertandingan Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2010


hasil pertandingan indonesia vs malaysiaHasil Pertandingan Indonesia vs Malaysia - Tim tuan rumah Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dalam laga perdana kedua negara di Piala AFF 2010. Pertandingan Indonesia vs Malaysia berakhir dengan skor telak: 5-1 untuk kemenangan Indonesia.

Hasil pertandingan Indonesia vs Malaysia ini mengangkat posisi Indonesia sebagai pemuncak klasemen Grup A di Piala AFF 2010 dengan poin tiga, diikuti oleh Thailand dan Laos yang bermain imbang dengan skor 2-2.

Duet mematikan dari dua pemain naturalisasi menunjukkan kesungguhan mereka membela Garuda dengan mengoleksi masing-masing satu gol. Ini adalah gol pertama keduanya bagi tim nasional senior Indonesia di ajang kompetisi resmi.

Meskipun mengawali pertandingan dengan kaku, Indonesia berhasil keluar dari tekanan mental dan meraih kemenangan. Pola permainan Indonesia terlihat tidak efektif di menit awal pertandingan. Semua pemain sangat terburu-buru mengirimkan bola panjang kepada Christian Gonzales, yang berakhir sia-sia.

Indonesia semakin tertekan ketika Malaysia berhasil mencetak gol ke gawan Markus. Sebuah celah di lini pertahanan Indonesia berhasil dimanfaatkan oleh pemain Malaysia Mohd Safee yang melewati Hamka Hamzah, berhadapan dengan kiper Markus Maulana, dan menyodorkan bola kepada Norshahrul Idlan Talaha yang berdiri bebas.

Tendangan voli keras dari Idlan berhasil menaklukkan Markus di menit 18. Skor 0-1 untuk keunggulan Malaysia.

Tertinggal satu gol membuat pemain Indonesia menjadi berani beraksi. Okto menyisir dari sayap kiri dengan skill individu dan mengirimkan terobosan kepada M. Nasuha yang langsung meneruskan bola dengan crossing ke kotak penalti. Irfan Bachdim dengan cerdik melakukan gerakan tipuan yang membuat pemain belakang Malaysia Mohd Asraruddin menendang bola ke gawangnya sendiri.

Berhasil menyamakan kedudukan, mental Indonesia bangkit dan mulai berani memainkan bola-bola pendek di depan kotak penalti Malaysia. Christian Gonzales mencatat namanya dalam sejarah sepakbola Indonesia dengan mencetak gol keunggulan Indonesia di menit 33.

Menerima sodoran bola dari Firman Utina, Gonzales meloloskan diri dari hadangan pemain belakang Malaysia dan melakukan plessing pelan namun terarah ke sudut kanan gawang Malaysia. Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Di babak kedua, permainan Indonesia semakin tenang dan stabil. Irfan Bachdim beraksi dengan tendangan dari seperempat lapangan, namun tipis di sisi kanan gawang Mohd Sharbinee.

Di menit 52, kerjasama dengan sentuhan satu dua antara M. Ridwan dan Irfan Bachdim membuahkan hasil. M. Ridwan berhasil menambah keunggulan untuk Indonesia menjadi 3-1.

Irfan Bachdim kembali mendapatkan peluang emas ketika umpan terobosan Gonzales disambutnya dengan tendangan keras. Namun kali ini Sharbinee berhasil menggagalkan Irfan.

Arif Suyono yang masuk menggantikan M. Ridwan berhasil memanfaatkan kesalahan pemain belakang Malaysia, Mohd Asraruddin dan mencetak gol keempat Indonesia di menit 77.

Meskipun pemain muda Malaysia unggul kecepatan dan stamina dari pemain Indonesia yang mulai kelelahan, tapi usaha mereka untuk memperkecil jarak selalu menemui jalan buntu. Malah, di masa injury time, gawang Sharbinee harus kebobolan lagi untuk yang kelima kali.

Oktovianus yang cidera dan kelelahan menerima bola di sisi kiri. Tak punya tenaga lagi untuk membawa bola, Okto melambungkan bola melintas di depan gawang Malaysia. Bambang Pamungkas gagal menyambar bola, tapi di belakangnya masih ada Irfan Bachdim yang tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Skor Pertandingan Indonesia vs Malaysia: Indonesia menang dengan skor 5-1.
Share: