Okto dan Irfan Bachdim ke Liga Inggris


Okto dan Irfan ke Liga InggrisOkto dan Irfan Bachdim ke Liga Inggris - Prestasi mengkilap yang diperlihatkan dua punggawa timnas Merah Putih, Okto dan Irfan Bachdim, membuat Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif menyatakan akan mempromosikan mereka ke klub-klub Eropa, kemungkinan besar ke Liga Inggris.

Penampilan Irfan Bachdim dan Okto di Piala AFF 2010 memang memikat. Keduanya menyumbang masing-masing satu gol pada pertandingan Indonesia vs Laos yang berakhir dengan skor 6-0 untuk kemenangan Indonesia.

Skill kedua pemain ini dinilai Iman layak untuk tampil di pentas Eropa. Dia mengatakan akan menawarkan pemain Persema Malang dan Sriwijaya FC itu kepada sejumlah klub di Liga Eropa.

"Okto dan Irfan memiliki potensi. Tahun depan, keduanya akan kita masukkan ke TC tertutup jelang SEA Games 2011. Setelah itu saya akan coba usulkan ke beberapa klub di Eropa. Iya, bisa Leicester, Arsenal, Manchester United. Kita lihat kemungkinannya. Yang penting penampilan mereka stabil," ujar Iman kepada wartawan, Senin 6 Desember 2010.

Sampai saat ini memang belum ada klub yang menyatakan ketertarikan kepada Irfan maupun Okto. Ini wajar saja, karena kompetisi Piala AFF 2010 belum berakhir dan kedua pemain ini baru tampil di dua pertandingan. Klub-klub yang memiliki ketertarikan tentu masih akan melihat konsistensi mereka, apakah bisa terus stabil dengan penampilan seperti di pertandingan yang lalu.

"Belum (ada tawaran) dari klub Eropa. Saya sudah berbicara dengan Irfan, karena Irfan punya pengalaman main di Belanda. Okto dalam waktu dekat ini akan saya usulkan ke klub luar. Kalau penampilan Indonesia bagus di Piala AFF, tidak menutup kemungkinan klub asing tertarik kepada mereka," pungkas Iman.

Mengenai negara yang akan menjadi tujuan, Iman memilih Belanda atau Inggris. Apalagi Iman disebut-sebut memiliki saham di salah satu klub Inggris, Leicester City.

"Untuk klub, saya pikir akan saya gunakan jalur Inggris atau Belanda untuk rekrut mereka. Kalau sulit karena visa atau paspor, maka saya akan kirim ke Belgia. Mereka akan main di Eropa untuk mendapatkan iklim kompetisi yang lebih baik dan kompetitif," ungka Iman.

Jika rencana Iman ini berhasil direalisasikan, akan menjadi kebanggaan besar untuk para bola mania di tanah air. Selain membuka ruang bagi pemain Indonesia lain untuk dilirik klub Eropa, kualitas permainan tim nasional juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya kemampuan pemain yang tampil di kompetisi Eropa yang memiliki iklim sepakbola sangat kompetitif.
Share: