Kim Jeffrey Kurniawan Tak Masuk Tim Nasional Indonesia


Kim Jeffrey KurniawanMeski telah resmi menjadi warga negara Indonesia, tidak berarti Kim Jeffrey Kurniawan langsung masuk tim nasional Indonesia. Deputi Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif mengatakan bahwa untuk mengenakan kostum merah-putih, Kim harus lolos seleksi seperti pemain lainnya.

"Walaupun telah menjadi warga negara Indonesia, tidak berarti Kim langsung mendapat tempat di timnas," kata Iman. "Ia harus tetap mengikuti seleksi tim sesuai dengan standar pelatih Alfred Riedl."

Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid bersama Iman Arif pada hari Senin 20 Desember 2010 mengumumkan bahwa Kim Jeffrey Kurniawan, pemuda berusia 20 tahun kelahiran Jerman, kini telah resmi menjadi warga negara Indonesia.

Kim akan mengikuti seleksi timnas U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games dan pra-olimpiade. Seleksi akan mulai dilaksanakan pada bulan Januari nanti. Iman menegaskan bahwa tidak ada keistimewaan yang diberikan kepada pemain naturalisasi untuk mendapatkan tempat di tim nasional Indonesia. Meskipun Kim berasal dari klub Divisi 4 Liga Jerman, ia tetap bisa dipilih pelatih bila dinilai punya kualitas diatas pemain yang lain.

Begitu juga sebaliknya, meskipun telah melakukan naturalisasi, tapi Kim bisa saja gagal masuk ke timnas Indonesia bila dinilai kurang bagus oleh pelatih.
Share: