Juara Piala AFF 2010


Juara Piala AFF 2010 - Sebelum pertandingan pertama Piala AFF 2010 dimulai, saya punya keyakinan bahwa Indonesia akan menjadi juara Piala AFF 2010. Keyakinan itu semakin bertambah ketika melihat penampilan timnas Indonesia yang luar biasa saat membantai negeri jiran Malaysia di babak penyisihan grup dengan skor telak 5-1. Yang terbersit di kepala saya adalah "Indonesia pasti juara Piala AFF 2010."

Pertandingan demi pertandingan dilakoni Indonesia dengan mempertunjukan aksi sepakbola memikat yang luar biasa dan penuh kekuatan. Total lima pertandingan dilalui Indonesia dengan hasil baik. Babak final kembali mempertemukan Indonesia dengan Malaysia yang pernah kalah telak. Saat itu, bukan hanya saya tetapi seluruh bangsa Indonesia optimis bahwa Indonesia akan menjadi juara Piala AFF 2010.

Tetapi hasil pertandingan final Piala AFF 2010 leg pertama yang berlangsung di kandang Malaysia betul-betul menghancurkan keyakinan saya. Indonesia bisa kalah telak dengan skor 3-0 oleh tim yang belum sebulan lalu mereka bantai. Pertandingan final leg kedua di Gelora Bung Karno pada hari Rabu nanti akan jadi sangat berat. Apalagi Indonesia tidak mampu mencetak gol away di kandang Malaysia.

Tapi dengan sisa-sisa optimisme dan keyakinan yang tertinggal, saya tak akan pernah berhenti berharap agar Indonesia bisa mengalahkan Malaysia dan menjadi juara Piala AFF 2010. Ini bukan hanya tentang sepakbola, tapi tentang harga diri dan martabat seluruh bangsa. Semua pemain timnas yang turun ke lapangan hijau memikul beban seluruh bangsa di pundak mereka. Beban yang sangat berat.

Pelatih Alfred Riedl pun menyatakan bahwa peluang Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF 2010 hanya sekitar 5-10%. Tapi bagi saya itu sudah cukup. Indonesia hanya perlu mencetak empat gol ke gawang Malaysia. Ada 90 puluh menit, dan Indonesia punya kemampuan bahkan untuk mencetak lebih dari sekedar empat gol.

Tapi untuk bisa meraih mimpi tersebut, timnas harus bermain lepas tanpa beban. Lepaskan emosi dan nikmati permainan sepakbola itu sendiri, seperti anak-anak yang bermain bola di lapangan kosong di ujung kampung. Ini adalah sebuah permainan yang harus dinikmati. Tanggalkan beban dari pundak, turun ke lapangan hijau dan rasakan kebahagiaan memainkan si kulit bundar bersama teman-teman. Tunjukkan semua yang terbaik yang dimiliki tim merah putih. Indonesia juara Piala AFF 2010 atau tidak, dukungan seluruh bangsa Indonesia akan tetap menyertai.
Share: