Irfan Bachdim vs Yongki Ariwibowo: Siapa Layak Jadi Starter di Final Piala AFF 2010


irfan bachdim vs yongki ariwibowoIrfan Bachdim vs Yongki Ariwibowo - Yongki Ariwibowo, striker muda timnas Indonesia yang baru diturunkan pelatih Alfred Riedl pada laga semifinal leg 2 melawan Filipina, menunjukkan penampilan gemilang dan membuktikan dirinya sebagai striker pekerja keras. Yongki jatuh bangun berjibaku dengan pemain-pemain Filipina tanpa kenal takut.

Ini tentu hal bagus, tapi bisa membuat pelatih Alfred Riedl bingung. Pasalnya, dalam laga final melawan Malaysia nanti, siapa yang akan diturunkan sebagai starter: Yongki atau Irfan Bachdim?

Memang, saat dipercaya Riedl untuk membongkar pertahanan Filipina, Yongki belum mampu mencetak gol. Tapi kualitas yang dia tunjukkan mampu bersaing dengan Irfan Bachdim. Bahkan, dari segi pergerakan, Yongki lebih unggul dan lebih rajin dari Irfan. Hanya saja, dari segi skill memang Irfan Bahchdim lebih unggul. Yongki juga memiliki determinasi tinggi saat berebutan bola dengan pemain lawan. Striker yang satu ini seolah tidak takut mati meski berkali-kali diganjal pemain lawan.

Di mata Riedl, kedua pemain ini memiliki kemampuan yang setara, sehingga pelatih timnas Indonesia itu akan menentukan pilihannya berdasarkan kondisi terakhir sebelum pertandingan. Riedl juga akan memilih pemain yang gaya permainannya dibutuhkan sesuai dengan lawan yang dihadapi.

Dalam latihan timnas Indonesia, Yongki berlatih bersama tim inti, sedangkan Irfan Bachdim berlatih bersama para pemain cadangan. Perlu diketahui, program latihan pemain cadangan timnas Indonesia yang disusun Alfred Riedl jauh lebih berat dari tim inti.

Yongki mengakui bahwa ia tidak memikirkan tentang persaingan memperebutkan posisi starter dengan Irfan Bachdim. Baginya, yang penting adalah membawa Indonesia menjadi juara Piala AFF 2010. Jika nantinya dia dipercaya oleh pelatih untuk turun, maka seluruh kemampuannya akan dikeluarkan untuk memenangkan Indonesia.
Share: