Hasil Pertandingan Indonesia vs Filipina Semifinal Piala AFF 2010 Leg 1


Hasil Pertandingan Indonesia vs Filipina - Pertandingan semifinal Piala AFF 2010 antara Indonesia vs Filipina berlangsung di stadion Gelora Bung Karno pada hari Kamis 16 Desember 2010. Pertandingan dilaksanakan di Indonesia karena Filipina tidak memiliki stadion yang memenuhi standar Piala AFF.

Indonesia berhasil memenangkan leg pertama semifinal Piala AFF 2010 dengan skor 1-0 lewat gol Christian Gonzales. Penyerang berusia 34 tahun itu mencetak gol sundulan memanfaatkan umpan panjang Firman Utina yang gagal diantisipasi penjaga gawang Filipina.

Pertandingan berlangsung seimbang, meski Indonesia lebih dominan menguasai bola. Indonesia langsung tampil menekan sejak menit pertama lewat Christian Gonzales. Sampai menit 5, sudah dua kali Gonzales terjebak offside.

Baik Indonesia maupun Filipina terlihat bermain lepas tanpa tekanan. Filipina sama sekali tidak terpengaruh dengan 80 ribu pendukung Indonesia yang memadati stadion. Sebagian besar pemain mereka yang merumput di Eropa dan Amerika memberikan pengaruh besar sehingga mereka tidak merasa inferior meski dalam sejarah pertemuan kedua negara, Filipina tidak pernah meraih kemenangan. Malah, pemain-pemain Filipina tampaknya sangat percaya diri menghadapi Indonesia.

Untuk pertama kalinya di Piala AFF 2010, Indonesia bermain dengan sangat rileks. Pola permainan Filipina yang defensif membuat pemain-pemain Indonesia lebih leluasa memainkan bola di lini belakang dan tengah. Indonesia membangun serangan lewat wilayah sayap, sementara Filipina mengandalkan serangan balik yang cepat dengan umpan-umpan akurat.

Kedua tim saling balas menyerang. Filipina menempatkan semua pemainnya di belakang garis tengah saat bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

Younghusband bersaudara berkali-kali mengancam gawang Indonesia. Kedua pemain yang merumput di Inggris itu menjadi motor utama serangan Filipina.

Tendangan dari luar kotak penalti dari Phillip Younghusband berkali-kali membuat Markus harus berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Di menit 33, sebuah umpan panjang dari Firman Utina gagal diantisipasi oleh kiper Filipina yang maju menangkap bola. Christian Gonzales tak menyia-nyiakan kesempatan, menanduk bola ke sudut jauh.

Situasi di babak kedua tidak begitu banyak berubah. Indonesia memperlambat tempo permainan dan pemain Filipina tidak melakukan pressing di lapangan tengah. Beberapa insiden terjadi hingga Okto dan Gonzales mendapatkan kartu kuning.

Masuknya Bambang Pamungkas menggantikan Irfan Bachdim tidak begitu mempengaruhi jalannya permainan. Hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan tidak berubah.

Hasil pertandingan Indonesia vs Filipina di semifinal Piala AFF 2010 leg 1: Indonesia 1 - 0 Filipina.
Share: