Favorit Juara Piala AFF 2010 Bukan Indonesia


juara piala aff 2010Piala AFF 2010 - Sebelum Piala AFF 2010 digelar, sudah banyak pihak yang menyebut Indonesia sebagai favorit juara tahun ini. Optimisme dari seluruh masyarakat Indonesia juga tampak mengunggulkan Indonesia. Apalagi setelah dalam dua pertandingan terakhir Indonesia mampu unggul dengan skor besar, wacana "Indonesia juara Piala AFF 2010" semakin kuat.

Namun asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, menyatakan bahwa ia tidak sepakat dengan hal tersebut. Menurutnya, favorit juara Piala AFF 2010 tetaplah Vietnam, sang juara bertahan.

"Favorit juara tahun ini masih sang juara bertahan Vietnam, bukan Indonesia," ujar Pikal.

Permainan yang diperagakan Vietnam dalam dua pertandingan terakhir memang sangat bagus. Dalam pertandingan pertama, mereka terlihat sangat menyeramkan saat mengalahkan Myanmar dengan skor 7-1. Kecepatan pergerakan pemain-pemain Vietnam membuat serangan mereka sangat berbahaya.

Tapi dalam pertandingan kedua, Vietnam berhasil dikalahkan oleh Filipina yang menjadi pimpinan klasemen sementara Grup B. Filipina berhasil membuat Vietnam takluk dengan skor 2-0. Meski kalah, kualitas permainan yang ditunjukkan Vietnam betul-betul bagus.

Menurut Pikal, meskipun kalah tetapi Vietnam mempertunjukan permainan yang bagus. Pola serangan dan umpan-umpan Vietnam sangat berbahaya.

“Bahkan meski mereka kalah kemarin (lawan Filipina 2-0), mereka tetap main bagus. Umpan-umpannya tetap berbahaya,” terangnya.

Pikal mengatakan bahwa untuk mempelajari calon lawan di semifinal nanti, tim pelatih akan berangkat ke Vietnam dan mempelajari dua pertandingan terakhir di Grup B.

Kemungkinan besar Filipina akan lolos sebagai juara Grup B dan akan bertemu dengan runner-up Grup A yang masih akan diperebutkan oleh Laos, Malaysia dan Thailand. Menang atau kalah, Indonesia tetap menjadi juara Grup A dan akan berhadapan dengan runner-up Grup B, yang diprediksikan antara Vietnam atau Singapura.

Siapapun lawan Indonesia di semi final nanti, kata Pikal, Indonesia siap menghadapi. “Kita tak bisa memilih. Tetapi siapapun lawannya, kita tentu akan berikan perlawanan terbaik.”
Share: