Cara Mendapatkan Sitelinks di Blogger/Blogspot


Cara Mendapatkan Sitelinks di Blogspot/Blogger

cara mendapatkan sitelinksCara Mendapatkan Sitelinks - Ada banyak mitos soal cara mendapatkan sitelinks. Setiap blogger yang mendapatkan sitelinks pasti punya pandangan berbeda tentang bagaimana sehingga dia mendapatkan sitelinks. Tapi cara yang pasti tentu hanya diketahui oleh pihak Google.

Namun demikian, tidak ada salahnya kita mencoba mengetahui cara mendapatkan sitelinks. Apalagi, tidak sampai sebulan setelah saya menggunakan cara ini, Google langsung menghadiahi sitelinks kepada blog ini. Secara resmi, sitelinks di blog ini muncul pada tanggal 11 Desember 2010. Saya yakin karena sehari sebelumnya saya lihat tidak ada. (saya memang sedang bereksperimen untuk mendapatkan sitelinks, sehingga setiap hari saya cek).

Munculnya sitelinks di blog ini adalah hasil uji coba beberapa cara yang saya anggap 'kira-kira' benar. Karena itu saya bisa menjelaskan apa yang saya lakukan sehingga mendapatkan sitelinks.

Sebelumnya, mari kita bahas beberapa cara yang terbukti tidak berpengaruh untuk mendapatkan sitelinks:

1. Umur Blog
Terbukti tidak berpengaruh. Ada blog yg baru berusia beberapa bulan sudah mendapatkan sitelinks. Contoh: katanya Blogodollar mendapatkan sitelinks dalam waktu 5 bulan.

2. Original Article
Tidak berpengaruh, karena blog macam terselubung.blogspot.com isinya 100% copas toh tetap dapat sitelinks.

Apa yang saya lakukan hingga mendapatkan sitelinks?

1. Saya membuat link ke artikel-artikel populer dan menaruhnya di homepage. Sebaiknya link-link ini tidak menggunakan javascript. Saya membuatnya menggunakan widget Text. Harus ada minimal 3 link.

Blogspot berbeda dengan Wordpress. Blog WP hanya perlu menaruh navigasi menggunakan Categories, dan secara otomatis Categories itu yang akan menjadi sitelinks.

Di Blogspot, Labels tidak bisa menjadi sitelinks karena halaman Labels secara default di blok lewat robots.txt sehingga search engine tidak dapat masuk ke halaman tersebut.

Karena itulah anda perlu 'memperdaya' blog anda dengan membuat link sendiri. Dengan cara ini juga, anda dapat mengontrol link yang muncul sebagai sitelinks, sehingga lumayan rapi. Lihat gambar di atas, rapi bukan? Padahal biasanya sitelinks blogspot sangat semrawut.

Salah satu blog yang saya jadikan contoh adalah bolagoalnet.blogspot.com. Di blog itu, navigasi di bagian header yang menjadi sitelinks menuju ke halaman posting, bukan Labels. Karena itu sitelinks yang muncul juga lumayan rapi.

2. Homepage harus menjadi nomor satu di Google untuk kata kunci tertentu.
Bicara soal ranking homepage, berarti ini soal nama blog anda. Anda harus muncul di urutan pertama bila ada yg mengetikkan nama blog anda di Google.

3. Nama blog anda harus sering dicari di Google.
Jumlahnya tidak bisa dipastikan. Tetapi pasti ada kuota yang harus dipenuhi mis: berapa kali dicari dalam 1 hari. Ataukah setiap hari ada yang mencari nama blog anda. Yang jelas, ini sangat penting karena menyangkut "Brand" blog anda.

Hmm... mungkin anda berpikir: Siapa yang mau mencari "witho sang pembual" di Google? Jawabannya: Tidak ada.

Lalu bagaimana saya bisa mendapatkan sitelinks bila tidak memenuhi syarat nomor 2 dan 3? Nanti saya jelaskan pada posting selanjutnya, soalnya ini baru saja bangun, otak masih agak macet, kopi pun belum habis hehehe... makanya minta maaf juga kalau posting ini agak kacau.

Selanjutnya: Cara Mencuri Sitelinks

Setelah itu: Apa yang membuat sitelinks hilang?
Share: