Cara Mencuri Sitelinks Google


Cara Mencuri Sitelinks - Pada postingan sebelumnya, saya telah menulis cara mendapatkan sitelinks sesuai dengan eksperimen yang saya lakukan. Pada postingan ini akan saya akui bahwa saya mendapatkannya dengan cara mencuri sitelinks.

Benarkah bisa mencuri sitelinks? Andalah yang menilai apakah ini termasuk mencuri atau bukan.

Sebelum saya bereksperimen untuk mendapatkan sitelinks, saya mencoba mengumpulkan informasi dari blogger lain yang telah mendapatkan sitelinks. Setelah dipilah-pilah, hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan sitelinks adalah:

1. Homepage memiliki minimal 3 buah link ke halaman yang populer.
2. Nama blog sering dicari.
3. Homepage harus ranking 1 untuk kata kunci yang sering dicari. Seharusnya ya nama blog.

Yang saya lakukan untuk mencuri sitelinks:

1. Membuat link non-javascript di homepage ke halaman posting yang populer. Di blogspot, hanya halaman posting, page, dan blog archive yang bisa jadi sitelinks. Halaman Labels tidak bisa karena diblok dengan robots.txt.

2. Nah, ini dia masalahnya. Nama blog ini adalah Witho Sang Pembual, dan tidak ada orang yang mencari keyword tersebut di Google. (Lagian untuk apa sih orang mencari keyword itu).

Kebetulan, saya sering memuat kembali (baca: copas) artikel dari website Sastrality.com. Itu adalah situs berita parodi yang masih baru dan belum memiliki authority maupun ranking di Google. Tenang saja, website itu mengijinkan copas, asal menyertakan disclaimer bahwa tulisan tersebut adalah fiksi.

Beberapa waktu lalu, website itu membuat berita parodi yang berjudul Agama Irfan Bachdim. Artikel itu menjadi trending topik di Twitter dan malah dibahas di tayangan Insert Trans TV. Alhasil, website itu kebanjiran pengunjung sampai down. Dalam keadaan seperti ini, kita tentu tahu bahwa pasti ada bejibun orang yang mencari keyword "sastrality" di Google.

Maka tak perlu tunggu lama, nama blog ini saya ganti menjadi Sastrality disertai sedikit optimasi backlink. Jadinya, banyak orang yang sekarang mencari nama blog saya bukan? hehehe...

3. Berhubung website Sastrality yang asli lagi down, apalagi situs itu masih baru dan belum punya authority, maka dengan sedikit optimasi, homepage blog saya bisa muncul di urutan pertama untuk kata kunci "sastrality".

Dan... karena telah memenuhi tiga syarat di atas, tiba-tiba saja Google menghadiahi sitelinks kepada blog ini. Sitelinks yang mungkin seharusnya menjadi hak dari Sastrality.com. Karena itulah saya menyebutnya "Cara Mencuri Sitelinks".

Saya lalu mencoba mengembalikan nama blog ini menjadi Witho Sang Pembual. Hasilnya, ketika mengetikkan Witho Sang Pembual, sitelinks-nya tetap ada. Huehehehe...

Mohon maaf kepada yang punya Sastrality.com. Tenang saja, website anda tidak akan sulit mendapatkan sitelinks karena nama tersebut telah menjadi brand yang dikenal. Sekalian saya nyatakan salut atas tulisan-tulisan anda yang luar biasa dan daya imajinasi anda yang rada gila. Saya penggemar berat situs anda loh... (membujuk mode on).

Oke deh, semoga cara mencuri sitelinks ini dapat membantu anda yang membutuhkan. Selamat mencuri!

Selanjutnya: Apa yang membuat sitelinks hilang?
Share: