Tianhe-1, Komputer Tercepat di Dunia


Tianhe-1, Komputer Tercepat di Dunia

tianhe-1 komputer tercepat di duniaKomputer Tercepat di Dunia - Cina berhasil menciptakan komputer tercepat di dunia yang diberi nama Tianhe-1. Tianhe-1 diakui sebagai komputer tercepat di dunia setelah dinilai oleh para pakar komputer dari Amerika Serikat dan Jerman.

Nama Tianhe-1 memiliki arti 'Bima Sakti', seperti nama galaksi kita. Kecepatan Tianhe-1 mencapai 2.570 triliun kalkulasi per detik, tercepat diantara 500 superkomputer di dunia yang pernah disurvei.

Tapi meskipun buatan Cina, prosesor yang digunakan Tianhe-1 adalah hasil produksi perusahaan Amerika Serikat.

Komputer tercepat di dunia sebelumnya, Jaguar, kini menduduki peringkat kedua dengan kecepatan 1.750 triliun kalkulasi per detik.

Sementara sistem kompter lain milik China, Nebulae, berada di posisi tiga.

Meski AS masih mendominasi, setidaknya lebih dari setengah dalam kategori 500 komputer tercepat, namun China berhasil memasukkan 42 sistem dalam peringkat itu. China bahkan mengalahkan negara aditeknologi lainnya -- Jepang, Prancis, Jerman, dan Inggris.

Ini bukan kali pertamanya mahkota raja digital AS diambil alih negara Asia. Pada 2002, Jepang membuat mesin dengan kekuatan setara dengan 20 komputer paling top AS digabungkan jadi satu.

Superkomputer digunakan untuk berbagai bidang yang membutuhkan perhitungan rumit dengan banyak variabel seperti pertahanan, energi, keuangan, dan ilmu pengetahuan.

Perlombaan adikomputer juga menjadi kebanggaan nasional sebuah bangsa. Kapan ya Indonesia bisa membuat komputer tercepat di dunia.
Share: