Mesin Pesawat Qantas A380 Meledak di Udara Akibat Abu Vulkanik Merapi


Mesin Pesawat Qantas A380 Meledak di Udara Akibat Abu Vulkanik Merapi

pesawat qantas a380Pesawat Qantas A380 meledak - Sebuah pesawat Qantas A380 dengan jalur penerbangan London - Sydney via Singapura mengalami masalah mesin, 15 menit setelah lepas landas. Mesin pesawat tersebut meledak dan jatuh di wilayah Batam. Abu vulkanik Gunung Merapi diperkirakan sebagai penyebab terjadinya kerusakan.

Sesaat setelah lepas landas dari Singapura, penumpang mendengar bunyi ledakan keras, diikuti oleh percikan api dari salah satu mesin. Penumpang bisa melihat dengan jelas melalui jendela pesawat raksasa tersebut, dimana bagian-bagian mesin terlepas dan berjatuhan dari angkasa.

Serpihan-serpihan yang sebagian berukuran sebesar pintu rumah, menghujani wilayah Batam. Untunglah, dari laporan yang diterima, tidak ada orang yang terluka dengan kejadian ini.

Tapi meski pun mengalami kerusakan yang cukup menakutkan, pesawat ini bisa terbang hanya dengan 50% dari mesinnya, sehingga tidak terjatuh. Penyebab dari meledaknya mesin Rolls-Royce yang digunakan pesawat ini masih akan diselidiki dengan seksama.

Pesawat Qantas A380 terpaksa terbang mengelilingi Singapura dan membuang sebagian bahan bakar untuk persiapan pendaratan darurat, yang berhasil tanpa mengalami masalah. Akibat dari masalah mesin yang tergolong serius ini, Qantas telah memarkir seluruh jenis pesawat A380 mereka.

Salah satu kemungkinan terjadinya kerusakan mesin tersebut adalah ledakan gunung di Indonesia. Abu vulkanik yang dihembuskan ke udara oleh beberapa gunung aktif di Indonesia, terutama letusan Gunung Merapi mungkin masuk ke mesin dan menyebabkan terjadinya kerusakan.
Share: