Mata Kuliah Lady Gaga


Mata Kuliah Lady Gaga

Mata Kuliah Lady Gaga - Popularitas penyanyi yang satu ini memang luar biasa. Bayangkan, bahkan Universitas South Carolina pun mengembangkan mata kuliah Lady Gaga. Mata kuliah ini adalah kuliah sosiologi tentang kehidupan, pekerjaan, dan popularitas bintang pop Lady Gaga.

mata kuliah lady gagaMata kuliah tersebut diberi nama Lady Gaga and the Sociology of the Fame dan akan diajarkan oleh Profesor Mathieu Deflem. Deflem memang seorang penggemar Gaga. Profesor kelahiran Belgia tersebut bahkan mengaku, dia sudah menonton konser Gaga 30 kali.

Brosur mata kuliah tersebut menyatakan, para mahasiswa akan mempelajari berbagai isu kepopuleran Lady Gaga dalam pola pikir akademis. Rencananya, mata kuliah tersebut akan dimulai pada musim semi 2011. Begitu seriusnya kampus menggarap kuliah tentang Lady Gaga, mereka bahkan menyiapkan blog khusus tentang kuliah tersebut.

"Kita melihat kesuksesan Lady Gaga sebagai fenomena sosial. Lalu saya pikir, mengapa tidak kita buat kuliah khusus tentang Lady Gaga dan segala hal tentang popularitasnya?" ujar Mathieu seperti disitat dari situs BBC, Kamis (11/11/2010).

Jadi, imbuh Mathieu, kuliah ini bukan tentang persona atau musik Lady Gaga. Tetapi lebih menekankan pada kenyataan bahwa kepopuleran Lady Gaga membuatnya memiliki 10 juta pengikut di Facebook dan enam juta di Twitter. "Itu sebuah fenomena sosial!" tutur Mathieu menegaskan.

Kuliah tersebut bertujuan untuk mengungkap beberapa dimensi sosiologis yang relevan dengan kepopuleran Lady Gaga dengan menghormati musik, video, fashion, dan hal-hal artistik lainnya yang dia hasilkan.

Para mahasiswa juga akan mempelajari strategi bisnis dan pemasaran, peranan media massa, para penggemar dan konser, budaya homoseksual, tema religi dan politik, seksualitas, serta kehidupan kota New York dan Hollywood.

Para peserta kuliah tersebut tidak harus menjadi penggemar Lady Gaga. "Penggemar berat belum tentu menjadi bisa belajar dengan lebih baik. Tapi para pendaftar harus memiliki minat pada topik-topik yang akan dibahas dalam kuliah ini. Jadi, jika kamu tidak benar-benar menyukai Ladi Gaga, kamu sebaiknya tidak mengambil mata kuliah Lady Gaga ini," kata Mathieu.
Share: