Korea Utara vs Korea Selatan Resmi Perang Saudara


korea utara vs selatan perangKorea Utara vs Korea Selatan Resmi Perang - Dua negara saudara, Korea Utara dan Korea Selatan, resmi perang menyusul serangan dari Korea Utara ke Pulau Yeonpyeong di wilayah Korea Selatan pada hari Selasa 23 November 2010 pukul 14.30.

Korea Utara menembakkan lebih dari 200 artileri ke Pulau Yeonpyeong yang terletak hanya 3 km dari perbatasan Korut - Korsel. Warga di pulau Yeonpyeong dan sekitarnya segera diungsikan dengan perahu. Sebagian penduduk yang masih tinggal, memilih untuk berlindung di dalam bunker.

Perang saudara Korea Utara - Korea Selatan pun pecah lagi. Tembakan artileri Korea Utara memicu serangan balasan dari Korea Selatan. Kedua negara saudara ini saling balas menghujani wilayah lawan dengan artileri. Pertempuran itu berlangsung selama hampir dua jam.

2 tentara Korea Selatan tewas, dan 17 lainnya luka parah dalam perang singkat tersebut.

Serangan Korea Utara terpicu dengan kedatangan utusan Amerika Serikat ke Korea Selatan. Amerika mencurigai Korea Utara akan membangun bom nuklir, yang terlihat dari aktivitas penambangan uranium besar-besaran di negara tersebut.

korea utara vs selatan perangDalam perang saudara ini, Amerika Serikat telah menyatakan akan bersekutu dengan Korea Selatan. Negara adidaya ini telah memberikan dukungan militer kepada Korsel. Keputusan Amerika ini didasarkan pada kecemasan mereka terhadap proyek pembangunan bom nuklir Korea Utara. Jepang, juga menyatakan kekhawatiran mereka dan akan memberikan dukungan kepada Korea Selatan, sebagai usaha untuk menghentikan proyek bom nuklir tersebut.

Cina dan Rusia, telah dihubungi oleh wakil khusus dari Amerika Serikat, meminta dukungan mereka untuk mendesak Korea Utara menghentikan program nuklirnya. Cina telah menyatakan keprihatinan mereka terhadap perang saudara ini dan berusaha menggelar perundingan gencatan senjata.

korea utara vs selatan perangRusia juga menyatakan bahwa dunia harus waspada terhadap konflik Korut -Korsel ini. Kecurigaan bahwa Korea Utara telah berhasil membangun bom nuklir menjadi kekhawatiran dunia. Pasalnya, jika Korea Utara dan Korea Selatan terus saling serang, kemungkinan besar Korea Utara akan menggunakan bom nuklir mereka dalam keadaan terdesak.

Jika hal ini terjadi, bukan hanya Korea Selatan yang akan menjadi korban. Seluruh negara-negara Asia dan bahkan mungkin daratan Eropa dan Amerika akan terkena imbas dari bom nuklir Korea Utara. Kecemasan tersebut semakin bertambah karena tidak ada yang mengetahui sampai dimana kekuatan bom nuklir yang dibangun Korea Selatan.

Jika bom nuklir tersebut memiliki kekuatan dahsyat, bisa-bisa ekologi bumi ikut terpengaruh, dan akan berimbas terhadap perubahan iklim dan cuaca dunia.

Dari segi ekonomi, perang Korea Utara dan Korea Selatan ini sudah menunjukkan pengaruh besar terhadap finansial dunia secara global. Kurs Asia merosot hanya dalam sekejap setelah serangan Korea Utara, dan mata uang serta saham Eropa dan Amerika langsung melonjak naik.

Intermezzo:

Ini adalah kabar buruk bagi negara-negara Asia, termasuk Indonesia, karena pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat. Tetapi secara pribadi, sebagai seorang blogger yang menggantungkan kehidupan dari pendapatan dollar online, setidaknya ini adalah kabar baik.

Semoga Korea Utara dan Korea Selatan terus perang sampai setidaknya akhir bulan nanti.
Share: