Gayus Tambunan Kabur


Gayus Tambunan Kabur

Gayus Tambunan Melarikan Diri - Entah skenario apa lagi ini. Semua mafia koruptor di Indonesia tampaknya mudah saja melarikan diri dari tahanan. Kabar terakhir, Gayus Tambunan kabur dari rumah tahanan Brimob. Bahkan, koran memuat foto seorang pria yang mirip dengan Gayus Tambunan bila dia mengenakan wig dan kacamata, sedang duduk santai sambil tersenyum bersama ibu-ibu.

gayus kaburTentu saja masyarakat jadi mempertanyakan sistem keamanan di rutan Brimob sehingga Gayus Tambunan kabur. Gayus berhasil keluar dari rutan dengan alasan kurang sehat dan akan memeriksakan diri ke dokter di luar rutan.

Isu mengenai adanya aksi penyuapan petugas pun mencuat karena Gayus melarikan diri. Akibatnya, delapan orang petugas Rutan Brimob Kelapa Dua diperiksa Divisi profesi dan Pengamanan Mabes Polri.

Menurut Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan di Mabes Polri, petugas Rutan Mako Brimob akan dikenai sanksi kode etik dan sanksi pidana akan diberikan jika terbukti terjadi tindakan penyuapan.

"Kalau terbukti ada aksi penyuapan, pasti ada pidana. Selain itu, akan dikenakan sanksi kode etik dan disiplin," kata Iskandar.

Iskandar mengatakan, mantan pegawai negeri golongan III-A, penelaah keberatan pajak (banding) perorangan dan badan hukum di Kantor Pusat Direktorat Pajak diberikan izin memeriksakan dirinya oleh kepala Rutan Mako Brimob. Namun, Gayus terlambat kembali ke tahanan.

”Lalu oleh Ka Rutan Bareskrim diizinkan karena sudah terlanjur di luar lalu pulangnya terlambat. Apakah ada negosiasi dengan petugas sehingga terlambat kita masih selidiki,” tambahnya.

Alasan tersebut semakin menambah anehnya sistem hukum dan penahanan di Indonesia. Jika seorang tahanan bisa terlambat pulang, apakah memang tidak ada petugas yang ikut dengannya, yang bisa memaksanya untuk kembali ke rumah tahanan?

Jangan-jangan si Ariel dudutz juga sering minta ijin keluar tahanan dan terlambat pulang, sekalian nginap di rumah Luna Maya untuk indehoi?
Share: