Cara Menghitung Masa Subur Agar Cepat Hamil


Bagi wanita, menghitung masa subur sangat penting, apalagi bagi yang ingin agar cepat hamil. Tapi, tidak semua wanita tahu cara menghitung masa subur. Sebagian wanita bingung mengetahui apakah dirinya sedang berada dalam masa subur atau tidak.

cara menghitung masa suburMenghitung masa subur menjadi semakin sulit bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

Tapi jangan khawatir, karena ada panduan yang sangat mudah untuk menghitung masa subur. Cukup ikuti panduan berdasarkan siklus menstruasi setiap bulan.

Normalnya, seorang wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. Jumlah ini dapat bertambah atau berkurang dipengaruhi oleh banyak faktor.

Dengan asumsi bahwa siklus menstruasi anda adalah 28 hari:
  • Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
  • Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke-16 dalam siklus haid
Mari kita coba menghitung masa subur. Misalnya:

Seorang wanita mendapatkan haid pada tanggal 3 Januari, maka hari pertama siklus haid adalah tanggal 3 Januari. Hari ke-12 dari tanggal 3 adalah tanggal 14 Januari dan hari ke-16 adalah tanggal 18 Januari.

Jadi, masa subur wanita itu adalah tanggal 14 - 18 Januari. Jadi bila wanita berencana untuk hamil, sebaiknya frekwensi berhubungan intim pada periode tanggal 14-18 Januari tersebut diperbanyak agar cepat hamil.

Jadi bagi suami-istri yang mengalami kesulitan untuk hamil, mungkin selama ini keliru menghitung masa subur. Jika perhitungan masa subur sudah tepat tapi tetap sulit untuk hamil, cara yang paling tepat adalah berkonsultasi ke dokter.
Share: