Barcelona vs Real Madrid 2010


Barcelona vs Real MadridBarcelona vs Real Madrid - Laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid yang akan berlangsung di akhir bulan November memberikan keyakinan pada kubu Barcelona. Di saat-saat seperti ini, biasanya Barcelona selalu mendapatkan keberuntungan selama enam tahun terakhir.

Tapi dalam laga maha dahsyat ini, Barcelona tidak cukup bila hanya bergantung pada keberuntungan belaka. Skuad Real Madrid yang akan datang bertamu kali ini jauh lebih tangguh dari musim-musim sebelumnya. Bahkan, dalam sejarah Real Madrid, belum pernah mereka sekuat ini.

(Lihat prediksi Barcelona vs Real Madrid).

Bagaimana tidak, bila hanya pemain bertabur bintang, itu sudah biasa di skuad Los Galacticos sejak dahulu. Tetapi hadirnya seorang Jose Mourinho sebagai arsitek, itu benar-benar luar biasa. Kombinasi antara pemain-pemain kelas dunia dengan pelatih jenius baru kali ini terjadi.

Sebaliknya, kubu Barcelona berbeda dengan situasi Real Madrid yang naik turun. Barca selalu konsisten dari musim ke musim. Regenerasi pemain berjalan secara alami dan gaya permainan total football Barcelona tetap bertahan sejak jaman Johan Cruyff.

Tapi El Clasico Barcelona vs Real Madrid tahun ini memang istimewa. Seluruh mata dunia sepakbola tertuju pada dua laga yang mempertemukan raksasa Spanyol ini di musim ini. Apalagi kalau bukan karena pertemuan dua mega bintang sepakbola saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bahkan, kehebohan untuk menentukan siapa yang terbaik di dunia antara kedua pemain ini hampir melebihi kehebohan El Clasico itu sendiri.

Ronaldo dan Messi sama-sama berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Liga Spanyol musim ini dengan perbedaan hanya satu gol. CR7 telah mencetak total 14 gol sementara Messi mengejar dengan 13 gol.

Tapi dalam setiap pertemuan antara Barcelona vs Real Madrid, Cristiano Ronaldo selalu terlihat tak berkutik di lini pertahanan Barcelona. Selama karir Ronaldo di dunia sepakbola, ia belum pernah sekalipun mencetak gol ke gawang Valdes. Sebaliknya, Messi selalu berhasil menaklukkan Casillas tiap kali kedua tim bertemu.

Satu-satunya penentu hasil akhir El Clasico Barcelona vs Real Madrid kali ini adalah strategi Mourinho. Pelatih satu ini memang tak dapat ditebak. Ia bisa saja melihat kelemahan kecil di kubu Barcelona dan memanfaatkannya. Bila dibandingkan dengan kejeniusan Mourinho, Pep Guardiola memang masih kalah jauh.
Share: