Tsunami Mentawai, Gempa 7,2 SR, Pencabutan Peringatan BMKG


Tsunami Mentawai

Indonesia Tsunami updateTsunami Mentawai - Tsunami Mentawai yang terjadi semenjak hari senin tanggal 25 okt 2010 menyusul gempa berkekuatan 7,2 SR melanda Pulau Pagai Selatan di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pukul 21:42:25 WIB Senin (25/10). Daerah sumbar, tepatnya daerah mentawai diguncang gempa yang tak henti, berawal senin kemaren sekitar jam 10 malam dengan kekuatan 7.2 SR. Tsunami Mentawai ini memang tidak sedahsyat Tsunami yang pernah terjadi di Aceh beberapa tahun yang lalu. Namun meski demikian akibat Tsunami ini dilaporkan 40 orang korban tewas dan hampir 400 orang lainnya dinyatakan hilang. Tsunami mentawai ini terus berlangsung dengan munculnya gempa susulan yang terus berlanjut hingga saat ini.

Memang informasi korban Tsunami Mentawai sejauh ini belum ada kepastian yang resmi, sebab menurut pemberitaan beberapa media bahwa info korban tewas dan hilang sejauh ini masih simpang siur.

Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa 5,4 SR terjadi di kawasan itu.

Sedang sebelumnya, pada pukul 17.51 WIB, gempa 5,6 SR terjadi di 96 km barat daya Pagai Selatan, Mentawai. Kedalaman gempa sekitar 10 km. Gempa sempat membuat panik warga di pengungsian.

Sebuah laporan yang diterbitkan tempointeraktif.com yang mengutip pernyataan pegawai Departemen Kelautan bernama Hardimansyah yang bertugas di Mentawai menyatakan bahwa sebuah desa bernama Betu Monga di Mentawai telah porak poranda dilanda Tsunami. Semua bangunan di desa itu rubuh, dan sebanyak 160 orang warga desa itu dinyatakan hilang, dan 40 orang telah ditemukan tewas.

Gempa itu terjadi Selasa (26/10/2010), sekitar pukul 18.33 WIB, berlokasi 42 km selatan Sipura Mentawai, Sumbar, dengan kedalaman 13 km.

Selain di Malakopa, ada satu orang yang tewas dan dua lainnya hilang. Hardimansyah mengatakan sebanyak 80 persen rumah di daerah tersebut hancur sedangkan persediaan makanan sangat terbatas.

Gempa Mentawai ini juga menjadi bahasan di situs mikro blogging twitter. Para pengguna twitter menyampaikan duka atas terjadinya bencana di Mentawai ini. Mentawai menjadi trending topic, atau menjadi tema yang banyak diketik oleh pekicau.

Pencabutan Peringatan Tsunami Mentawai Oleh BMKG

Sebelum Tsunami Mentawai terjadi, pihak BMKG telah mencabut peringatan Tsunami. Namun tak lama setelah peringatan itu dicabut, Tsunami benar-benar melanda dan merengut puluhan korban jiwa. Pihak DPR menyayangkan hal itu.

"Sangat disayangkan kalau betul BMKG seperti itu," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso seperti yang dikutip dari detik.com. Menurut politisi Golkar ini, Mentawai adalah daerah yang memang rawan gempa. Sehingga pantauan BMKG seharusnya bisa mendeteksi hingga ke pulau tersebut. "Kita semua tahu kalau Mentawai menjadi daerah yang harus dipantau. Pokoknya memprihatinkan," tegasnya.

Secara institusi, Priyo juga mengucapkan keprihatinan terhadap musibah yang terjadi. Dia berharap agar pemerintah menggunakan segala upaya untuk membantu korban di sana.

"Dan saya meminta pemerintah menggunakan alat-alatnya untuk segera menggunakan bantuan sepenuhnya. Karena kita semua sedih terhadap bencana silih berganti di belahan bumi," urainya.
Share: