PSM Protes Jimmy Napitupulu Atas Penalti Sriwijaya


PSM Makassar bereaksi keras atas hasil pertandingan melawan Sriwijaya FC dalam lanjutan Kompetisi Super Liga Indonesia. Reaksi keras PSM ditujukan kepada wasit Jimmy Napitupulu yang memberikan hadiah penalti kepada Sriwijaya FC.


PSM Protes wasitSastrality.com - PSM Makassar bereaksi keras atas hasil pertandingan melawan Sriwijaya FC dalam lanjutan Kompetisi Super Liga Indonesia (ISL) 2010/2011, Minggu, 17 Oktober 2010. Seperti diketahui dalam pertandingan di Stadion Jakabaring, Palembang itu, PSM kalah 1-2 dari tuan rumah Sriwijaya FC.

Reaksi keras PSM ditujukan kepada kepemimpinan wasit Jimmy Napitupulu, yang selama ini dikenal sebagai wasit terbaik di Indonesia. PSM menganggap, Jimmy Napitupulu telah melakukan kesalahan fatal dengan memberi hadiah penalti kepada Sriwijaya FC yang dieksekusi oleh Ponaryo Astaman di menit 18. Padahal jelas terlihat kalau pelanggaran yang dilakukan oleh pemain PSM Fadli Hariry terhadap Mahyadi Panggabean terjadi di luar kotak penalti.

“Jutaan publik di seluruh Indonesia menyaksikan itu, jika hukuman itu bukan penalti. Namun Jimmy memutuskan lain,” kata Nurmal Idrus dalam rilisnya yang diterima Sastrality, malam tadi.

Menurut Nurmal, penalti tersebut telah merampas poin PSM. Hukuman itu juga dianggap sangat berpengaruh secara psikologis dan menghancurkan mental pemain Juku Eja, sebutan PSM.

PSM, tambah Nurmal, sangat menyesalkan pincangnya kepemimpinan Jimmy, apalagi jauh hari PSM sudah memberikan peringatan kepada PSSI dan BLI untuk memperbaiki kualitas wasitnya. Oleh karena itu, PSM akan mengajukan surat protes resmi ke PSSI terkait pertandingan Minggu kemarin.

Surat PSM bernomor 211/B.3a/PSM/X/2010 itu ditujukan ke PSSI Cq. Ketua Komisi Wasit. Senin hari ini. Surat tersebut dilengkapi dengan bukti rekaman pertandingan Sriwijaya FC dan PSM. Dalam surat tersebut, PSM secara nyata-nyata menilai Jimmy Napitupulu tidak memimpin dengan baik dan telah memberikan keuntungan kepada tuan rumah, Sriwijaya FC.

Isi surat tersebut juga meminta Ketua Umum PSSI, Cq. Komisi Wasit untuk memberikan sanksi kepada Wasit Jimmy Napitupulu, karena dianggap bertindak ceroboh. “Ini baru awal kompetisi. PSSI dan BLI sebaiknya segera mengevaluasi dan menindak tegas terhadap wasit yang mengabaikan rasa keadilan dan kejujuran. Kami menuntut adanya pemeriksaan secara terbuka kepada Wasit Jimmy Napitupulu atas kepemimpinannya ini,” tegas Nurmal lagi.

Rencananya, PSM akan mengantar langsung surat protes tersebut ke Jakarta Senin, 18 Oktober 2010, hari ini. PSM berharap, seluruh wasit di Indonesia betul-betul bisa menjadi hakim yang adil di setiap pertandingan demi menjunjung tinggi permainan secara fairplay.
Share: