Kinerja Presiden SBY Ancam Posisi Partai Demokrat


posisi partai demokrat terancamKinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dinilai jauh dari memuaskan mengakibatkan posisi Partai Demokrat terancam. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan bahwa dukungan suara masyarakat terhadap Partai Demokrat menurun sampai ke angka 26,1 persen. Akhir tahun 2009 lalu, Partai Demokrat masih memiliki 30 persen dukungan masyarakat.

Tak hanya kinerja Presiden SBY yang mempengaruhi turunnya dukungan terhadap Partai Demokrat. Satu penyebab lain yang tak kalah penting juga adalah kasus Bank Century yang masih membayang dalam mimpi masyarakat.

"Partai Demokrat tidak mampu melakukan manuver dan dukungan mereka semakin lama semakin rendah," kata peneliti LSI, Barkah Pattimahu.

Lantas bagaimana dengan Partai Golkar? LSI berpendapat, bahwa nasib partai berlambang pohon beringin ini, akan semakin membaik. Diperkirakan Partai Golkar akan mampu menjadi pemenang dalam Pemilihan Umum 2014.

Berdasarkan hasil survei LSI pada September sampai Oktober 2010 di 33 provinsi, tingkat keterpilihan Partai Golkar naik signifikan di angka 17,8 persen. “Kami yakin Golkar akan jadi pemenang di 2014," katanya.

Salah satu faktor kemenangan Golkar adalah sosok Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie. Menurut LSI tingkat popularitas Ical masih belum optimal, sehingga masih bisa terus dipacu. “Sementara dua pesaingnya Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono telah optimal," ujarnya.

Berbekal mesin politik yang mapan dan finansial yang mumpuni, Partai Golkar diperkirakan akan menggeser Partai Demokrat. “Kedua tokoh sentral partai ini telah dianggab uzur oleh publik," ujarnya.

Saat ditanya bagaimana dengan kasus Lapindo yang lekat dengan nama Ical? Peneliti LSI menyatakan tidak berpengaruh signifikan terhadap popularitas dan aksetabilitas Aburizal Bakrie.

“Memang kasus Lapindo tidak tanyakan dalam survei, tapi kalau kita tarik ke belakang, saat pemilihan Partai Golkar itu tidak berdampak. Bahkan di Jawa Timur kompak memilih Ical. Kasus Lapindo dalam pemilu tidak berdampak,” tutupnya.
Share: