Kawasaki Ninja ZX-14 Siap Rajai Dunia Motor


Kawasaki meluncurkan Ninja ZX-14 yang diklaim sebagai "raja baru" yang akan menguasai dunia motor Indonesia. Bagaimana bila Ninja ZX-14 ditantang sesama motor Jepang, Suzuki Hayabusa?


Kawasaki Ninja ZX-14Sastrality.com - Setelah banyak menelurkan keluarga Ninja, Kawasaki akhirnya membuka selubung generasi terbaru ZX-14. Motor gede (moge) ini merupakan "raja" dari keluarga Kawasaki Ninja.

Ditawarkan dengan harga Rp137 juta, Ninja ZX-14 coba menantang Suzuki Hayabusa. Generasi terbaru ini masih dibekali mesin 1.352 cc liquid-cooled DOHC empat katup per silinder. Daya maksimum disalurkan lewat kopling hidrolik dan transmisi enam kecepatan.

Tidak dijelaskan seperti apa kemampuan ZX-14 ini termasuk keluaran tenaganya dan besaran torsi yang bisa dicapai. Namun pada roda yang menggunakan ukuran 120/70 ZR17 di depan dan 190/50 ZR17 di belakang, terlihat Kawasaki menggunakan rem yang pada setiap piston di kaliper memiliki pad rem tersendiri. Langkah ini guna meningkatkan efisiensi pendinginan.

Kawasaki juga menggunakan sistem all new anti lock brake system sendiri yang dinamakan KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System).

"Sistem ini merupakan multi sensor yang diletakkan pada roda untuk memantau ECU motor, kecepatan roda, tekanan kaliper, posisi throttle, aktuasi kopling dan posisi gigi," tulis keterangan resmi Kawasaki.

Dari sisi penampilan, ZX-14 teranyar ini memiliki bodywork yang khas termasuk mengenai bentuk lampu depan dan fairingnya.

Untuk panel instrumen, hyperbike ini menggukan LCD digital multi fungsi yang menampilkan odometer, two trip meter, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, jam, speedometer, dan tachometer.
Share: