Kasus Penyiksaan Warga Papua Oleh TNI Harus Diusut Tuntas


Sebuah video beredar di Youtube tentang aksi penyiksaan warga Papua oleh oknum TNI yang diduga sebagai bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).


penganiayaan tni papuaSastrality.com - Sebuah video beredar di Youtube tentang aksi penyiksaan yang diduga dilakukan oleh oknum TNI terhadap sejumlah warga Papua yang diduga sebagai bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Jika rekaman itu benar adanya, TNI telah melakukan pelanggaran HAM. “Kalau itu dilakukan TNI, kita kutuk TNI yang seperti itu. Pelanggaran HAM itu. Harus diusut tuntas,” tegas anggota Komisi I DPR RI Effendy Choirie Senin (18/10/2010).

Effendy menegaskan TNI dipercaya untuk bertugas menjaga kedaulatan negara secara umum dan bukan menjaga orang per orang setiap warga negara. “Enggak boleh memperlakukan orang semena-mena. Kalau ada pelanggaran hukum, itu bagian polisi, bukan bagian TNI,” katanya.

Video tersebut beredar selama 22 jam hingga siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB. Video tersebut menggambarkan kekerasan dan penganiayaan yang diduga dilakukan aparat TNI terhadap sejumlah orang Papua. Video itu menggambarkan aksi keji tak berperikemanusiaan terhadap mereka yang dituduh terlibat dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kini YouTube telah menutup akses terhadap video tersebut.
Share: