Jumlah Pengungsi Bencana Merapi Mencapai 37 Ribu Orang


Jumlah Pengungsi Bencana Merapi Mencapai 37 Ribu Orang

Jumlah Pengungsi Merapi - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Jawa Tengah Priyantono Jarot Nugroho menyatakan, jumlah pengungsi gunung Merapi di Jawa Tengah mencapai 37.000 orang. Mereka tersebar di Kabupaten Klaten, Magelang dan Boyolali.

“Kami meminta warga yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi tetap berada di lokasi pengungsian selama status awas belum dicabut BPPTK. Jangan sampai peristiwa yang terjadi di Sleman juga terjadi di Jawa Tengah,” ujar Priyantono Jarot Nugroho di Klaten, Rabu (27/10/2010).

Namun diakui bahwa banyak warga yang kembali ke rumah dengan alasan mengurusi ternak dan rumah. Padahal itu sangat membahayakan mengingat Merapi dapat kembali meletus setiap saat.

Saat ini pihaknya tengah memperhitungkan ketersediaan logistik sampai berapa lama. Sebab tanggap darurat letusan Gunung Merapi ditetapkan selama satu bulan.

“Sejauh ini kami telah mendistribusikan 80 ribu masker kepada warga di wilayah Magelang,” pungkasnya.

Warga yang tinggal di kawasan Rawan Bencana (KRB) III di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah tidak terlalu khawatir meskipun Gunung Merapi telah meletus dengan mengeluarkan awan panas.

Meski jarak puncak Merapi dengan Desa Balerante hanya sekitar empat kilometer, namun pada waktu siang sebagian warga tetap kembali ke rumah dengan alasan mengurus ternak yang sebelumnya ditinggal saat mengungsi.
Share: