Indonesia Tsunami: Warga Mentawai Mengungsi


Indonesia Tsunami

Indonesia TsunamiIndonesia Tsunami - Peringatan potensi tsunami dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kepulauan Mentawai tidak terjadi. Air laut hanya pasang setinggi 30 centimeter. Kendati demikian, warga tetap mengungsi ke tempat yang aman.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat Hermansyah di kantor Satkolak Penanggulangan Bencana, Jalan Jenderal Sudirman, Padang, Sumbar, Selasa (26/10/2010).

“Warga di Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai langsung mengungsi ke daerah perbukitan yang berjarak 100 meter dari bibir pantai,” ujarnya.

Menurut Hermansyah, daerah mentawai memang salah satu dari kawasan yang diprediksi akan terkena gempa besar, setelah gempa Padang pada 2009 lalu.

“Tapi sampai saat ini, belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa atau luka. Dan mereka masih bertahan di pengungsian. Di kota Padang, juga tidak korban ataupun kerusakan akibat gempa. Karena (gempa) tidak sekuat 2009 lalu,” jelarnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Sumbar, terutama masyarakat pesisir, untuk kembali ke rumah masing-masing. “Jangan termakan isu. Gempa saat ini tidak sekuat gempa 2009. Diharapkan jangan panik tapi tetap waspadai karena daerah kita adalah daerah rawan gempa,” pinta Hermansyah.
Share: