Fans Tuntut Ballack Pensiun Dari Timnas Jerman


Penampilan gemilang timnas Jerman di Piala Dunia membuat Michael Ballack dituding sebagai penyebab rusaknya ritme permainan tim Panzer selama ini. Hasil survei menunjukkan bahwa lebih dari 50% fans Jerman menuntut Ballack untuk pensiun dari timnas.


ballack pensiunSastrality.com - Berkah tak terduga bagi Jerman menjelang digelarnya putaran final Piala Dunia (PD) 2010 menyusul cederanya kapten utama tim Michael Ballack di laga final FA Cup 2010 antara Chelsea dan Portsmouth di Wembley Stadium, 15 Mei 2010.

Kehilangan Ballack yang dibekap cedera engkel menyusul tekel keras Kevin-Prince Boateng, justru membuat Die Mannschaff tampil gemilang di Afrika Selatan dan berhasil menempati peringkat tiga besar dunia menyamai prestasi di PD 2006. Selain itu, pemirsa sepakbola dunia mengenal bintang baru dalam skuad Tim Panser, semisal Sami Khedira dan Mesut Ozil yang belakangan direkrut klub elite Real Madrid.

Sampai sejauh ini, Ballack—yang bergabung dengan Bayer Leverkusen pada 25 Juni lalu—belum kembali bermain bersama timnas. Meskipun ban kapten yang sempat dipinjamkan kepada Philipp Lahm, kembali ke tangannya, Ballack dicoret dari skuad asuhan Joachim Loew di dua laga pembuka kualifikasi Euro 2012 karena kondisi fisiknya yang belum fit. Cedera retak tibia di laga lawan Hannover, Sabtu (11/9), membuat Ballack kembali absen sampai akhir tahun.

Meski tetap ditinggal Ballack, performa Jerman di kualifikasi Euro 2012 tetap terjaga. Boleh jadi karena itulah sebagian fans Der Panzer mendesak Ballack untuk segera pensiun dari level internasional alias mundur dari timnas. Faktor lain, fans khawatir jika Ballack kembali, ritme dan kesolidan permainan Jerman yang kini didominasi para pemain muda bakal terganggu.

Desakan agar Ballack menggantungkan sepatunya dari timnas merupakan hasil survey yang dilakukan kantor berita SID. Tanpa merinci jumlah responden yang dimintai pendapatnya, sebanyak 55,1 persen dari fans yang ikut ambil bagian menginginkan jika Ballack mengundurkan diri dari kancah internasional. Bagaimana, Ballack
Share: