Cristian Gonzales Siap Masuk Timnas Indonesia di Piala AFF


Cristian Gonzales El Loco
Cristian Gonzales alias El Loco, bermimpi untuk membela timnas Indonesia di Piala AFF
Harapan Cristian Gonzales untuk membela timnas Indonesia di Piala AFF mendatang sepertinya akan tercapai. Bomber Persib Bandung yang dijuluki El Loco ini memang sudah tak tahan lagi ingin segera mengenakan kostum berlambang Garuda tersebut.

Mimpi El Loco akan menjadi kenyataan bila permohonannya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dikabulkan. Selain Cristian Gonzales, ada juga nama empat pemain naturalisasi yang mengajukan permohonan menjadi WNI. Empat pemain tersebut adalah Jhonny Rudolf Van Beukering (Belanda), Raphael Guilermo Eduardo (Belanda), Cristian Gonzales (Uruguay), dan Kim Jeffrey Kurniawan (Jerman).

Namun seperti yang selama ini diketahui, adalah hal mustahil bagi orang asing untuk menjadi WNI. Ini dapat dilihat dari fakta selama puluhan tahun bahwa banyak atlit yang mengharumkan nama Indonesia tidak memiliki kewarganegaraan Indonesia.

Namun demikian, nampaknya kali ini Kemenpora akan bertindak serius dalam usaha untuk mendapatkan paspor Indonesia bagi para pemain ini. Satu-satunya kesulitan adalah peraturan di Indonesia yang tidak mengenal kewarganegaraan ganda, sehingga pemain-pemain yang dinaturalisasi harus menanggalkan kewarganegaraan mereka di negara lain.

“Dan jika semuanya berjalan lancar, para pemain tersebut sudah akan mengantongi paspor Indonesia sebelum pendaftaran Piala AFF 2010 ditutup pada 1 November ini. Kita doakan saja semoga semuanya lancar,” ungkap Iman.

Gonzales menyambut baik kabar tersebut. Dia berharap, apa yang diinginkannya selama ini bisa terkabul. Apalagi, dia mengaku masih berhasrat untuk bisa tampil bersama Bambang Pamungkas dkk. “Harusnya timnas memberikan kesempatan kepada saya untuk membuktikan diri. Insya Allah saya siap dan bisa,” ungkap El Loco.

Pemilik nomor punggung 99 ini memang membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk menjadi WNI. Pengajuannya sempat diproses dalam waktu yang cukup lama. Namun, karena prestasi gemilang El Loco yang sudah empat kali menjadi top skor, menjadi salah satu pertimbangan diterimanya sebagai WNI.

Jika nanti sudah resmi menjadi WNI, Gonzales dipastikan mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama timnas mulai 8 November ini. dirinya akan menjadi salah satu kekuatan tim besutan Alfred Riedl untuk menghadapi Piala AFF 2010 nanti.
Share: