Casio Exilim EX-H20G Dengan Hybrid GPS, Geo Taggin dan Mapping


Casio menghadirkan kamera tercanggih mereka, Exilim EX-H20G dengan teknologi GPS, Geo tagging dan Mapping. Dengan ini, Casio mengukuhkan diri sebagai produsen kamera pertama yang mengimplementasikan teknologi GPS dalam produk mereka.


Casio Exilim EX-H20GSastrality.com - Teknologi GPS dalam ponsel ternyata mengilhami para produsen kamera untuk menggunakan teknologi serupa. Casio salah satu yang pertama. Produk terbaru mereka Casio EXILIM EX-H20G menggunakan teknologi geo-tagging via GPS, mapping untuk memperlihatkan lokasi pengguna, bahkan fasilitas sightseeing untuk mengetahui lingkungan sekitarnya.

Kalau itu belum cukup, EX-H20G juga memiliki sensor gerak built-in agar pengguna lebih mudah mendeteksi lokasinya, bahkan saat sinyal GPS tidak tersedia. Rencananya, kamera kompak yang multifungsi ini akan dipasarkan di kisaran harga USD350 (Rp3,1 juta). EX-H20G yang beresolusi 14.1 MP punya lensa wide hingga 24-millimeter dengan 10x optical zoom, plus 4x digital zoom. Kamera ini juga mampu mensyut video HD hingga 720p (1280-by-720 pixels) pada 30 frames per second. Di bagian belakangnya ada layar LCD 3-inci dengan resolusi 960 x 480 pixel.

Untuk mengurangi guncangan saat pengambilan gambar, Casio menanamkan CCD-shift image stabilization. Memiliki rentang ISO Auto, 80-3200 ISO, menggunakan kartu memori SDXC/SDHC/SD, dengan dimensi 103 x 68 x 29 mm berbobot 172 gram (tanpa baterai).

Kunci dari teknologi GPS Casio sendiri adalah Hybrid GPS. Teknologi ini mampu melacak lokasi pengguna tanpa perlu sinyal GPS. Misalnya Anda sedang berada di Jalan Sabang, Jakarta Pusat, untuk memotret gerai makanan. Jika Anda tidak mendapat sinyal GPS maka kamera akan menggunakan akselerometer dan sensor tiga arah untuk menentukan pergerakan kamera.

Lalu, kamera akan mengecek arah dan jarak Anda di Sabang, dan mencocokkannya di peta internal serta posisi terakhir sinyal GPS Anda. Begitu Anda mendapatkan kembali sinyal GPS, maka kamera akan melakukan update dari lokasinya. Yang menarik, Casio menyebut bahwa EX-H20G akan mencari sinyal satelit setiap 10 menit, bahkan saat kamera dimatikan
Share: