Posting Baru Blogspot Lama Masuk Index Google


Sejak tanggal 19 Oktober 2010, saya merasa ada yang aneh, yaitu posting baru dari blog yang menggunakan blogspot lama masuk index Google.


blogspot lama masuk index googleSastrality.com - Sejak tanggal 19 Oktober 2010, saya merasa ada yang aneh, yaitu posting baru dari blog yang menggunakan blogspot lama masuk index Google.

Awalnya saya sempat khawatir juga, jangan-jangan blog saya yang kena hukuman dari Google. Jujur saja, dalam beberapa hari terakhir, saya melakukan aksi copas besar-besaran. Alasannya sederhana, saya bosan dicopas, maka saya copas.

Oke, kembali ke topik.

Saya menduga bahwa aksi copas saya telah membuat blog ini masuk sandbox atau bahkan kena penalty. Tapi setelah saya periksa blog kawan-kawan yang lain, kelihatannya bernasib sama, lama masuk index Google.

Tapi kalau ada kawan blogger yang postingan barunya di blogspot lama masuk index Google, jangan takut, masalahnya bukan di blog kita, juga bukan di Google Bot. Sepertinya yang mengalami masalah adalah crawler Google Blogsearch. Crawler inilah yang biasanya mengindex posting terbaru dalam hitungan detik.

Jika ditunggu beberapa hari, posting baru pasti akan masuk index Google setelah blog dikunjungi oleh GoogleBot. Tapi frekwensi kunjungan GoogleBot berbeda-beda untuk tiap blog, tergantung popularitasnya di mata Google.

Saya lihat posting di karodalnet.blogspot.com yang juga membahas mengenai Blogspot lama masuk index Google, sudah masuk index Google setelah 1 hari. Lucunya, walau telah terindex di web search, posting tersebut tidak muncul di hasil Blogsearch. Nah, ketahuan kan masalahnya dimana.

Beberapa waktu lalu, bertepatan dengan hebohnya video mesum Luna Bethelen, Blogsearch sempat mengalami masalah juga. Saat itu, posting baru akan tetap masuk index dengan cepat, seperti biasanya. Tetapi setelah lewat 24 jam, posting tersebut akan hilang dari index, dan akan muncul lagi setelah beberapa hari. Saya sempat menulis posting mengenai masalah itu.

Berdasarkan inspirasi yang turun dari langit, saya menyimpulkan bahwa Google Blogsearch bekerja seperti ini:

1. Saat kita membuat blog baru, posting belum akan masuk index Google Bot maupun Blogsearch.

2. Saat mencapai 'fase tertentu', posting baru akan masuk index Blogsearch.

3. Sekali telah masuk index Blogsearch, semua posting berikutnya akan masuk index hanya dalam hitungan detik, atau paling lama beberapa menit.

Nah, di poin inilah masalahnya terjadi. Sejak tanggal 19 Oktober 2010, crawler Blogsearch tampaknya mengalami masalah sehingga banyak blog yang lama masuk index.

4. Saat orang melakukan pencarian di Google, hasil yg ditampilkan diambil dari berbagai crawler, termasuk index crawler YouTube, Blogsearch, dan News.

5. Posting yang masuk index dalam hitungan detik bukan karena blog dikunjungi oleh Google Bot, tapi karena masuk index Blogsearch.

6. Jika crawler Blogsearch bermasalah (seperti sekarang ini), posting akan tetap masuk index Google Bot saat blog kita dikunjungi. Tapi setiap blog memiliki frekwensi kunjungan yang berbeda.

Entah sampai kapan masalah ini akan berlangsung, tapi yang jelas, traffic blog ikut jebol. Dulu, masalah Blogsearch berlangsung hampir satu bulan lamanya. Semoga sekarang tidak selama itu.
Share: