Apa Arti Deponeering


Apa Arti Deponeering

Apa Arti Deponeering - Akhir-akhir ini banyak berita memuat tentang Deponeering. Munculnya istilah Deponeering ini berhubungan dengan kasus yang menjadi perdebatan beberapa partai di Indonesia, yaitu kasus para juragan KPK, Bibit-Chandra.

Sebagian partai, seperti Golkar tidak menyetujui Deponeering terhadap kasus ini, sementara saingan mereka, Demokrat memuji Deponeering kasus Bibit-Chandra sebagai tindakan yang tepat.

Nah, mereka orang-orang yang paham politik dan hukum, tentu saja mengerti apa arti Deponeering. Tapi bagi kita orang awam, bisa bingung dengan istilah tersebut. Jujur, saya saja baru mendengar istilah Deponeering pada hari ini ketika membaca situs berita.

Awalnya saya mengira bahwa Deponeering adalah bahasa Inggris. Tetapi setelah dicari-cari Deponeering artinya apa, ternyata tidak ada dalam bahasa Inggris. Saya pun mencoba mencari dengan kata kunci paling mujarab, yaitu Deponeering Wikipedia. Sama juga, tidak ada pengertian Deponeering di situ.

Untung saja saya tidak menyerah, sehingga berhasil menemukan apa arti Deponeering di situs Jakarta Globe. Di situ dituliskan apa arti dari Deponeering secara umum.

Pengertian Deponeering adalah pasal hukum yang memberikan hak kepada Jaksa Agung untuk menghentikan penyelesaian sebuah kasus jika keputusan tersebut berpihak pada kepentingan orang banyak.

Prinsip Deponeering ini sendiri diadopsi dari hukum jaman Belanda yang diterapkan di Indonesia (sampai sekarang masih banyak hukum dan UU dari Belanda yang masih berlaku).

Jadi ternyata itulah arti Deponeering. Semoga ini bisa membantu bagi yang juga kebingungan mencari arti Deponeering.
Share: