Amerika Serikat Siap Bantu Korban Bencana Indonesia


Amerika Serikat Siap Bantu Korban Bencana Indonesia

Amerika Bantu Indonesia - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan rasa duka yang mendalam atas gempa bumi berkekuatan 7,2 Skala Richter yang disusul tsunami yang menerjang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, 25 Oktober lalu

“Ibu Negara Michelle dan saya menyampaikan duka atas hilangnya nyawa, korban luka, dan kerusakan yang telah terjadi dalam bencana gempa bumi dan tsunami di Sumatera Barat,” ujar Obama seperti dikutip AFP, Rabu (27/10/2010).

Obama juga mengungkapkan rasa kagum atas kebesaran hati masyarakat Indonesia yang tabah dengan musibah ini serta memuji komitmen Pemerintah Indonesia dalam menangani para korban. “Sebagai teman dari bangsa Indonesia, Amerika Serikat siap membantu Indonesia dalam segala hal,” sambung Obama.

Hasil rapat koordinasi antara pemerintah daerah dan instansi terkait semalam menyebutkan, jumlah korban gempa bumi dan tsunami mencapai 112 orang, sementara 502 orang lainnya luka.

Gelombang laut setinggi tiga meter menerjang tujuh desa di tiga kecamatan di Kepualaun Mentawai. Selain ratusan warga yang hilang, dilaporkan 10 warga Australia dan Jepang juga hilang.
Share: