11 Desa Korban Tsunami di Mentawai Belum Dapat Bantuan


11 Desa Korban Tsunami di Mentawai Belum Dapat Bantuan

Desa Korban Tsunami - 11 Desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dikabarkan belum terjamah pasca-bencana gempa bumi disertai gelombang tsunami Senin lalu.

Hal tersebut diutarakan Mentri Sosial Salim Segaf Al Jufrie kepada wartawan di Padang, Rabu (27/10/2010) malam.

"Ada 11 desa yang masih belum terjamah. Sedikitnya ada 1.945 warga ada disana. Saat ini tim dari TNI sudah mendatangi desa tersebut," jelasnya.

Sementara itu, makanan dan obat-obatan menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para korban bencana tsunami. "Saat ini yang dibutuhkan pengungsi adalah makanan bayi, obat-obatan, dan selimut," tegas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Salim menyampaikan jika Kementrian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyumbang Rp1 Milyar untuk membantu korban di Mentawai dan sekitarnya.

Rencananya, Presiden akan mendatangi Mentawai pagi nanti untuk meninjau langsung lokasi kejadian dan kondisi para pengungsi. "Presiden akan didampingi saya dan Gubernur Sumbar," tandasnya.

Para penggungsi saat ini sudah ditempatkan di daerah yang lebih tinggi sehingga bisa terhindar jika terjadi gelombang tsunami susulan. "Penggungsi di tempatkan di daerah paling tinggi," singkatnya.
Share: