Sialan Ternyata Triceratops Tidak Pernah Ada


Triceratops
Triceratops
Kabar buruk bagi pecinta dinosaurus. Para peneliti di museum Rockies, Montana, baru saja menemukan bahwa ternyata Triceratops sebenarnya tidak pernah ada.

Spesies dinosaurus yang selama ini dikenal sebagai Triceratops ternyata adalah dinosaurus lain saat masih berusia muda. Saat Triceratops makin tua, mereka menjadi Torosaurus, spesies dinosaurus yang juga sudah dikenal. Ini berarti bahwa selama ini ilmuwan telah salah meneliti tulang Torosaurus muda dan menganggapnya sebagai spesies tersendiri, yaitu Triceratops.

Torosaurus
Torosaurus
Penemuan ini didapat setelah para peneliti menganalisa dan membandingkan 9 tulang Triceratops dengan 9 tulang Torosaurus.

Pada tahun 1975, Brontosaurus juga telah dinyatakan tidak pernah ada. Brontosaurus adalah salah satu dinosaurus yang populer karena lehernya yang panjang dan bentuk tubuhnya yang imut. Spesies dinosaurus yang dikenal sebagai Brontosaurus sebenarnya adalah Apatosaurus, spesies yang ditemukan pada tahun 1877. Seorang ilmuwan bernama Othniel Charles Marsh telah salah meletakkan kepala Camarasaurus ke tulang badan Apatosaurus, mengakibatkan munculnya spesies fiksi yang disebut Brontosaurus.

Dengan makin banyaknya penemuan yang membuktikan kesalahan-kesalahan Paleontologi, keraguan terhadap sosok dinosaurus yang dikenal saat ini semakin besar. Jangan-jangan T-Rex yang sangat populer sebagai tokoh jahat dalam film dinosaurus (kecuali Ice Age) juga tidak pernah ada. Bisa saja tulang T-Rex yang ditemukan ternyata hanya sekumpulan tulang sapi, ayam, dan gorila hehehe...
Share: